5 Keutamaan Shalat Tarawih

jurnal


5 Keutamaan Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Shalat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya: (1) mendapatkan pahala yang berlipat ganda, (2) diampuni dosa-dosanya, (3) dijauhkan dari api neraka, (4) diangkat derajatnya, dan (5) dikabulkan doanya.

Selain keutamaan tersebut, shalat tarawih juga memiliki banyak manfaat, di antaranya: (1) melatih kekhusyukan dan kesabaran, (2) mempererat tali silaturahmi, dan (3) meningkatkan semangat ibadah. Shalat tarawih memiliki sejarah yang panjang. Shalat ini pertama kali dikerjakan oleh Rasulullah SAW pada bulan Ramadan tahun ke-2 Hijriah.

Cari Herbal di Zymuno : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang keutamaan, manfaat, dan sejarah shalat tarawih.

5 keutamaan shalat tarawih

Shalat tarawih memiliki banyak keutamaan. Keutamaan-keutamaan tersebut meliputi:

  • Mendapat pahala yang berlipat ganda
  • Diampuni dosa-dosanya
  • Dijauhkan dari api neraka
  • Diangkat derajatnya
  • Dikabulkan doanya
  • Melatih kekhusyukan dan kesabaran
  • Mempererat tali silaturahmi
  • Meningkatkan semangat ibadah
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Meraih ketenangan jiwa

Keutamaan-keutamaan tersebut dapat diperoleh dengan mengerjakan shalat tarawih dengan ikhlas dan penuh kekhusyukan. Semakin banyak rakaat shalat tarawih yang dikerjakan, semakin besar pula pahala yang akan diperoleh. Selain itu, mengerjakan shalat tarawih juga dapat menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim.

Mendapat pahala yang berlipat ganda

Mendapat pahala yang berlipat ganda merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW yang artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan ini menjadi salah satu motivasi utama bagi umat Islam untuk mengerjakan shalat tarawih. Sebab, dengan mengerjakan shalat tarawih, mereka dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda, yang akan menjadi bekal mereka di akhirat kelak.

Pahala yang berlipat ganda tersebut tidak hanya diperoleh dari shalat tarawih saja, tetapi juga dari ibadah-ibadah lainnya yang dikerjakan selama bulan Ramadan. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan yang penuh berkah ini, agar mereka dapat memperoleh pahala yang sebanyak-banyaknya.

Diampuni dosa-dosanya

Diampuni dosa-dosanya merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih yang paling utama. Keutamaan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Islam untuk melaksanakan shalat tarawih, karena setiap orang pasti memiliki dosa yang ingin diampuni oleh Allah SWT.

  • Pengampunan Dosa Kecil

    Shalat tarawih dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat oleh seseorang. Dosa-dosa kecil ini meliputi dosa-dosa yang dilakukan secara tidak sengaja atau dosa-dosa yang tidak terlalu besar.

  • Penghapus Dosa Besar

    Selain dosa kecil, shalat tarawih juga dapat menghapus dosa-dosa besar yang telah diperbuat oleh seseorang. Namun, penghapusan dosa besar ini tidak serta merta menghapuskan hukuman atau siksa di akhirat. Pengampunan dosa besar melalui shalat tarawih hanya berlaku jika seseorang benar-benar bertaubat dan menyesali perbuatan dosanya.

  • Pembebasan dari Api Neraka

    Shalat tarawih dapat menjadi salah satu sebab seseorang dibebaskan dari api neraka. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW yang artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Jalan Menuju Surga

    Shalat tarawih dapat menjadi jalan atau sebab seseorang masuk surga. Hal ini karena shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Orang-orang yang mengerjakan shalat tarawih dengan ikhlas dan penuh kekhusyukan akan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

Dengan demikian, shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat penting untuk dikerjakan oleh setiap umat Islam. Selain dapat menghapus dosa-dosa, shalat tarawih juga dapat menjadi jalan atau sebab seseorang masuk surga.

Dijauhkan dari api neraka

Dijauhkan dari api neraka merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat besar. Hal ini karena api neraka adalah tempat yang sangat mengerikan, di mana orang-orang yang masuk ke dalamnya akan merasakan siksaan yang sangat pedih.

  • Pengampunan Dosa

    Shalat tarawih dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat oleh seseorang, baik dosa kecil maupun dosa besar. Dengan demikian, shalat tarawih dapat menjadi jalan bagi seseorang untuk terhindar dari api neraka.

  • Rahmat Allah SWT

    Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Orang-orang yang mengerjakan shalat tarawih dengan ikhlas dan penuh kekhusyukan akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Rahmat Allah SWT ini dapat melindungi seseorang dari api neraka.

  • Pertolongan Allah SWT

    Shalat tarawih dapat menjadi sebab seseorang mendapatkan pertolongan dari Allah SWT di akhirat kelak. Pertolongan Allah SWT ini dapat berupa pengampunan dosa, keringanan siksa, atau bahkan pembebasan dari api neraka.

  • Jalan Menuju Surga

    Shalat tarawih dapat menjadi jalan atau sebab seseorang masuk surga. Hal ini karena shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Orang-orang yang mengerjakan shalat tarawih dengan ikhlas dan penuh kekhusyukan akan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

Dengan demikian, shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat penting untuk dikerjakan oleh setiap umat Islam. Selain dapat menghapus dosa-dosa dan mendapatkan rahmat Allah SWT, shalat tarawih juga dapat menjadi jalan atau sebab seseorang terhindar dari api neraka dan masuk surga.

Diangkat Derajatnya

Di antara keutamaan shalat tarawih adalah diangkat derajatnya. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW yang artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diangkat derajatnya dalam hadis tersebut memiliki beberapa makna, di antaranya:

  • Diangkat derajatnya di sisi Allah SWT
  • Diangkat derajatnya di mata manusia
  • Diangkat derajatnya di akhirat kelak

Dengan demikian, shalat tarawih merupakan ibadah yang sangat penting untuk dikerjakan oleh setiap umat Islam. Selain dapat menghapus dosa-dosa, mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dan dijauhkan dari api neraka, shalat tarawih juga dapat mengangkat derajat seseorang di sisi Allah SWT, di mata manusia, dan di akhirat kelak.

Dikabulkan doanya

Dikabulkan doanya merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat besar. Hal ini karena doa merupakan salah satu senjata utama seorang mukmin. Dengan doa, seorang mukmin dapat meminta apa saja kepada Allah SWT, baik itu kebutuhan duniawi maupun ukhrawi.

Shalat tarawih merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Hal ini karena pada saat shalat tarawih, seorang mukmin sedang berada dalam keadaan yang sangat dekat dengan Allah SWT. Oleh karena itu, doa-doa yang dipanjatkan pada saat shalat tarawih sangat besar kemungkinan untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Banyak kisah nyata yang menceritakan tentang orang-orang yang doanya dikabulkan setelah mengerjakan shalat tarawih. Misalnya, ada seorang wanita yang sudah lama tidak memiliki anak. Ia kemudian memperbanyak shalat tarawih dan berdoa kepada Allah SWT agar dikaruniai anak. Alhamdulillah, setelah beberapa waktu, doanya pun dikabulkan oleh Allah SWT. Ia pun akhirnya bisa memiliki anak yang sehat dan lucu.

Dari kisah tersebut, kita dapat melihat bahwa shalat tarawih memang merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Oleh karena itu, janganlah sia-siakan kesempatan untuk memperbanyak shalat tarawih dan memanjatkan doa-doa kita kepada Allah SWT. Insya Allah, doa-doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Melatih kekhusyukan dan kesabaran

Melatih kekhusyukan dan kesabaran merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat penting. Hal ini karena kekhusyukan dan kesabaran merupakan dua hal yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Kekhusyukan dapat membantu kita untuk lebih fokus dalam beribadah, sementara kesabaran dapat membantu kita untuk menghadapi berbagai cobaan dan ujian hidup dengan lebih baik.

  • Menjaga Fokus

    Kekhusyukan dapat membantu kita untuk menjaga fokus dalam beribadah. Saat kita shalat tarawih, kita harus fokus pada gerakan dan bacaan kita. Kita tidak boleh terganggu oleh pikiran-pikiran lain. Dengan menjaga fokus, kita dapat lebih khusyuk dalam beribadah dan lebih merasakan kehadiran Allah SWT.

  • Meningkatkan Kekuatan Mental

    Shalat tarawih juga dapat membantu kita untuk meningkatkan kekuatan mental. Saat kita shalat tarawih, kita harus sabar dalam menjalankan gerakan dan bacaan. Kita tidak boleh terburu-buru atau merasa bosan. Dengan bersabar, kita dapat melatih kekuatan mental kita dan menjadi lebih sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian hidup.

  • Mengendalikan Emosi

    Shalat tarawih juga dapat membantu kita untuk mengendalikan emosi. Saat kita shalat tarawih, kita harus menahan emosi kita dan tidak boleh marah atau sedih. Dengan menahan emosi, kita dapat melatih diri kita untuk lebih sabar dan tidak mudah terpancing emosi.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

    Shalat tarawih juga dapat membantu kita untuk meningkatkan kepercayaan diri. Saat kita shalat tarawih, kita harus yakin bahwa Allah SWT akan menerima ibadah kita. Dengan keyakinan ini, kita dapat lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Demikianlah beberapa manfaat melatih kekhusyukan dan kesabaran dalam shalat tarawih. Dengan melatih kekhusyukan dan kesabaran, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Mempererat tali silaturahmi

Mempererat tali silaturahmi merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat penting. Hal ini karena silaturahmi merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dengan mempererat tali silaturahmi, kita dapat memperkuat hubungan persaudaraan sesama muslim dan membangun masyarakat yang harmonis.

  • Saling Berkunjung

    Salah satu cara untuk mempererat tali silaturahmi adalah dengan saling berkunjung. Saat kita berkunjung ke rumah saudara atau teman, kita dapat menjalin komunikasi yang lebih baik dan mempererat hubungan persaudaraan. Selain itu, saling berkunjung juga dapat menjadi ajang untuk saling berbagi cerita dan pengalaman.

  • Saling Berbagi

    Selain saling berkunjung, kita juga dapat mempererat tali silaturahmi dengan saling berbagi. Kita dapat berbagi makanan, minuman, atau bahkan ilmu pengetahuan. Dengan saling berbagi, kita dapat menunjukkan kepedulian kita terhadap sesama dan memperkuat rasa persaudaraan.

  • Saling Tolong-Menolong

    Tali silaturahmi juga dapat dipererat melalui saling tolong-menolong. Ketika saudara atau teman kita membutuhkan bantuan, kita harus selalu siap untuk membantu. Dengan saling tolong-menolong, kita dapat meringankan beban orang lain dan memperkuat hubungan persaudaraan.

  • Saling Memaafkan

    Dalam menjalin silaturahmi, pasti ada saja masalah atau kesalahpahaman yang terjadi. Namun, kita harus selalu berusaha untuk saling memaafkan. Dengan saling memaafkan, kita dapat menghilangkan rasa dendam dan mempererat kembali hubungan persaudaraan.

Dengan mempererat tali silaturahmi melalui berbagai cara tersebut, kita dapat memperoleh keutamaan shalat tarawih secara maksimal. Selain itu, mempererat tali silaturahmi juga dapat membawa banyak manfaat bagi diri kita sendiri dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, marilah kita selalu berusaha untuk mempererat tali silaturahmi dengan saudara dan teman-teman kita.

Meningkatkan semangat ibadah

Meningkatkan semangat ibadah merupakan salah satu keutamaan shalat tarawih yang sangat penting. Shalat tarawih dapat membantu kita untuk meningkatkan semangat ibadah kita dengan berbagai cara.

  • Menambah ilmu agama

    Shalat tarawih biasanya diisi dengan ceramah atau kajian agama. Ceramah atau kajian ini dapat menambah ilmu agama kita dan membuat kita lebih memahami ajaran Islam. Dengan bertambahnya ilmu agama, semangat ibadah kita pun akan meningkat.

  • Mempererat silaturahmi

    Shalat tarawih juga dapat mempererat silaturahmi kita dengan sesama muslim. Saat shalat tarawih, kita dapat bertemu dan berinteraksi dengan saudara-saudara kita sesama muslim. Silaturahmi yang baik dapat membuat kita lebih semangat dalam beribadah.

  • Merasakan suasana Ramadan

    Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang khas di bulan Ramadan. Suasana Ramadan yang penuh berkah dan ampunan dapat membuat kita lebih semangat dalam beribadah, termasuk shalat tarawih.

  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

    Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang pahalanya berlipat ganda. Pahala yang berlipat ganda ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk meningkatkan semangat ibadah kita.

Dengan demikian, shalat tarawih dapat membantu kita untuk meningkatkan semangat ibadah kita dengan berbagai cara. Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak shalat tarawih di bulan Ramadan ini agar semangat ibadah kita meningkat.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Shalat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dijauhkan dari api neraka, diangkat derajatnya, dan dikabulkan doanya. Kelima keutamaan ini pada hakikatnya merupakan buah dari mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mendekatkan diri kepada Allah SWT merupakan tujuan utama dari segala ibadah, termasuk shalat tarawih. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, seorang hamba akan memperoleh banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, ia akan merasa tenang dan bahagia, serta terhindar dari berbagai macam bahaya. Di akhirat, ia akan mendapatkan pahala yang besar dan masuk surga.

Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah dengan mengerjakan ibadah-ibadah yang disukai-Nya, seperti shalat tarawih. Dengan mengerjakan shalat tarawih, seorang hamba akan mendapatkan pahala yang besar dan diampuni dosa-dosanya. Selain itu, shalat tarawih juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Banyak kisah nyata yang menceritakan tentang orang-orang yang hidupnya berubah setelah mereka mulai mengerjakan shalat tarawih. Ada seorang pemuda yang dulunya sangat pemarah dan sering berbuat dosa. Namun, setelah ia mulai mengerjakan shalat tarawih, perlahan-lahan sifat buruknya mulai hilang dan ia menjadi pribadi yang lebih baik.

Kisah tersebut membuktikan bahwa shalat tarawih memang dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak shalat tarawih di bulan Ramadan ini agar kita dapat memperoleh manfaatnya yang luar biasa.

Meraih ketenangan jiwa

Ketenangan jiwa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan ketenangan jiwa, kita dapat menjalani hidup dengan lebih bahagia dan tentram. Salah satu cara untuk meraih ketenangan jiwa adalah dengan melakukan ibadah, seperti shalat tarawih.

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Ramadan. Shalat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dijauhkan dari api neraka, diangkat derajatnya, dan dikabulkan doanya. Kelima keutamaan ini pada hakikatnya dapat membawa ketenangan jiwa bagi seorang muslim.

Ketika seorang muslim mengerjakan shalat tarawih dengan penuh kekhusyukan, ia akan merasakan ketenangan dalam hatinya. Hal ini karena shalat tarawih dapat membantu kita untuk fokus pada Allah SWT dan melupakan segala masalah duniawi. Selain itu, shalat tarawih juga dapat membantu kita untuk mengendalikan emosi dan hawa nafsu. Dengan demikian, shalat tarawih dapat menjadi sarana untuk meraih ketenangan jiwa dan menjalani hidup dengan lebih bahagia dan tentram.

Pertanyaan Seputar 5 Keutamaan Shalat Tarawih

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai 5 keutamaan shalat tarawih:

Pertanyaan 1: Apa saja 5 keutamaan shalat tarawih?

Jawaban: 5 keutamaan shalat tarawih adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dijauhkan dari api neraka, diangkat derajatnya, dan dikabulkan doanya.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mendapatkan pahala yang berlipat ganda saat shalat tarawih?

Jawaban: Pahala yang berlipat ganda dapat diperoleh dengan mengerjakan shalat tarawih dengan ikhlas, khusyuk, dan sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Pertanyaan 3: Apakah shalat tarawih dapat menghapus dosa-dosa besar?

Jawaban: Shalat tarawih dapat menghapus dosa-dosa kecil, namun untuk dosa-dosa besar, diperlukan taubat yang sungguh-sungguh dan disertai dengan amal lainnya.

Pertanyaan 4: Bagaimana shalat tarawih dapat mengangkat derajat seseorang?

Jawaban: Shalat tarawih dapat mengangkat derajat seseorang di sisi Allah SWT, di mata manusia, dan di akhirat kelak.

Pertanyaan 5: Apa syarat agar doa yang dipanjatkan saat shalat tarawih dikabulkan?

Jawaban: Syarat agar doa dikabulkan antara lain dipanjatkan dengan ikhlas, sesuai dengan ajaran Islam, dan tidak bertentangan dengan takdir Allah SWT.

Pertanyaan 6: Apakah shalat tarawih wajib dilakukan?

Jawaban: Shalat tarawih hukumnya sunnah muakkadah, sangat dianjurkan untuk dikerjakan, namun tidak wajib.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai 5 keutamaan shalat tarawih. Semoga bermanfaat.

Pembahasan mengenai shalat tarawih akan dilanjutkan pada bagian berikutnya, yaitu tata cara shalat tarawih yang benar dan .

5 Amalan Menjalankan Shalat Tarawih

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Ramadan. Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, shalat tarawih juga memiliki banyak keutamaan lainnya. Agar ibadah shalat tarawih dapat kita laksanakan dengan baik dan benar, berikut adalah 5 amalan yang dapat kita lakukan:

Niat yang ikhlas
Niat yang ikhlas merupakan syarat sah diterimanya sebuah ibadah. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan shalat tarawih, pastikan kita memiliki niat yang ikhlas karena Allah SWT semata.

Khusyuk dan fokus
Kekhusyukan dan fokus merupakan kunci diterimanya sebuah ibadah. Saat melaksanakan shalat tarawih, usahakan untuk fokus dan khusyuk dalam setiap gerakan dan bacaan shalat.

Berjamaah
Shalat tarawih dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Selain pahalanya lebih besar, shalat tarawih berjamaah juga dapat mempererat tali silaturahmi sesama muslim.

Memperbanyak witir
Selain shalat tarawih, dianjurkan juga untuk memperbanyak shalat witir pada bulan Ramadan. Shalat witir merupakan shalat sunnah yang dikerjakan setelah shalat tarawih, minimal dua rakaat.

Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan. Saat melaksanakan shalat tarawih, sempatkan untuk membaca beberapa ayat Al-Qur’an, baik secara individu maupun berjamaah.

Dengan melaksanakan 5 amalan di atas, insya Allah shalat tarawih kita akan lebih berkualitas dan bernilai ibadah yang tinggi. Semoga ibadah shalat tarawih kita dapat membawa keberkahan dan manfaat bagi kita semua.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang keutamaan dan manfaat shalat tarawih secara lebih mendalam.

Kesimpulan

Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Ramadan. Shalat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, diampuni dosa-dosanya, dijauhkan dari api neraka, diangkat derajatnya, dan dikabulkan doanya. Kelima keutamaan ini merupakan buah dari mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Untuk melaksanakan shalat tarawih dengan baik dan benar, kita dapat melakukan beberapa amalan, seperti niat yang ikhlas, khusyuk dan fokus, berjamaah, memperbanyak witir, dan membaca Al-Qur’an. Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut, insya Allah shalat tarawih kita akan lebih berkualitas dan bernilai ibadah yang tinggi.

Sebagai penutup, marilah kita perbanyak shalat tarawih pada bulan Ramadan ini agar kita dapat memperoleh keutamaannya yang luar biasa. Semoga ibadah shalat tarawih kita dapat membawa keberkahan dan manfaat bagi kita semua.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami:

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Artikel Terbaru