Doa Setelah Tarawih Dan Witir Nu

jurnal


Doa Setelah Tarawih Dan Witir Nu


Doa Setelah Tarawih dan Witir Nu adalah doa yang dibaca setelah sholat tarawih dan witir. Doa ini merupakan doa khusus yang berisi permohonan kepada Allah SWT untuk diampuni dosa-dosa, diberikan rahmat dan keberkahan, serta dilindungi dari segala mara bahaya.

Doa setelah tarawih dan witir mempunyai banyak manfaat, di antaranya:

  • Menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.
  • Mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.
  • Dilindungi dari segala mara bahaya.

Secara historis, doa setelah tarawih dan witir pertama kali diamalkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini kemudian diajarkan kepada para sahabatnya dan diteruskan hingga saat ini. Doa ini menjadi bagian penting dalam ibadah sholat tarawih dan witir, terutama pada bulan Ramadhan.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang doa setelah tarawih dan witir, termasuk bacaan, keutamaan, dan tata cara membacanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Doa Setelah Tarawih dan Witir Nu

Doa setelah tarawih dan witir merupakan bagian penting dalam ibadah sholat tarawih dan witir, terutama pada bulan Ramadhan. Doa ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan, sehingga sangat penting untuk mengetahui dan mengamalkannya dengan baik.

  • Bacaan
  • Keutamaan
  • Tata Cara
  • Waktu
  • Tempat
  • Niat
  • Keistimewaan
  • Sejarah
  • Dalil
  • Hikmah

Setiap aspek dari doa setelah tarawih dan witir memiliki makna dan hikmah yang mendalam. Misalnya, bacaan doa ini berisi permohonan ampunan dosa, rahmat, dan keberkahan dari Allah SWT. Keutamaan doa ini sangat besar, yaitu dapat menghapus dosa-dosa, mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dan dikabulkannya segala hajat. Tata cara membaca doa ini juga sangat mudah, yaitu cukup dibacakan setelah selesai sholat tarawih dan witir.

Bacaan

Bacaan doa setelah tarawih dan witir merupakan bagian terpenting dari doa tersebut. Bacaan doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk diampuni dosa-dosa, diberikan rahmat dan keberkahan, serta dilindungi dari segala mara bahaya.

  • Lafal Bacaan
    Lafal bacaan doa setelah tarawih dan witir dapat dilihat pada buku-buku kumpulan doa atau sumber terpercaya lainnya.
  • Bahasa Bacaan
    Bacaan doa setelah tarawih dan witir umumnya menggunakan bahasa Arab. Namun, ada juga beberapa doa yang menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah lainnya.
  • Makna Bacaan
    Makna bacaan doa setelah tarawih dan witir sangat mendalam. Setiap kalimat dalam doa tersebut memiliki makna dan tujuan tertentu.
  • Keutamaan Bacaan
    Membaca doa setelah tarawih dan witir dengan baik dan benar dapat memberikan banyak keutamaan, di antaranya diampuni dosa-dosa, mendapatkan rahmat dan keberkahan, serta dikabulkan segala hajat.

Dengan memahami bacaan doa setelah tarawih dan witir, kita dapat lebih menghayati makna dan tujuan dari doa tersebut. Hal ini akan membuat doa kita lebih khusyuk dan insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Keutamaan

Keutamaan doa setelah tarawih dan witir sangatlah besar. Hal ini dikarenakan doa tersebut dibaca setelah melakukan ibadah sholat tarawih dan witir yang merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Selain itu, doa setelah tarawih dan witir juga berisi permohonan-permohonan yang sangat penting, seperti permohonan ampunan dosa, rahmat, dan keberkahan dari Allah SWT.

Membaca doa setelah tarawih dan witir dengan baik dan benar dapat memberikan banyak manfaat, di antaranya:

  • Menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.
  • Mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.
  • Dilindungi dari segala mara bahaya.
  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda.
  • Dikabulkannya segala hajat.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca doa setelah tarawih dan witir dengan baik dan benar agar dapat memperoleh keutamaan-keutamaan tersebut.

Tata Cara

Tata cara doa setelah tarawih dan witir mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengoptimalkan manfaat dan keutamaan dari doa tersebut. Tata cara yang benar akan membuat doa kita lebih khusyuk dan insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Secara umum, tata cara doa setelah tarawih dan witir adalah sebagai berikut:

  1. Setelah selesai sholat tarawih atau witir, duduklah dengan tenang.
  2. Angkat kedua tangan dan bacalah doa setelah tarawih dan witir dengan suara yang jelas dan fasih.
  3. Setelah selesai membaca doa, usapkan kedua tangan ke wajah.

Selain tata cara umum di atas, ada beberapa sunnah yang dapat dilakukan ketika membaca doa setelah tarawih dan witir, di antaranya:

  • Menghadap kiblat.
  • Membaca doa dengan suara yang pelan.
  • Mengulangi doa sebanyak tiga kali.
  • Membaca doa dengan khusyuk dan penuh penghayatan.

Dengan mengikuti tata cara doa setelah tarawih dan witir dengan baik dan benar, insya Allah kita akan mendapatkan manfaat dan keutamaan dari doa tersebut secara maksimal.

Waktu

Waktu merupakan salah satu faktor penting dalam doa setelah tarawih dan witir. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah selesai sholat tarawih atau witir, yaitu pada sepertiga malam terakhir. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain itu, waktu juga dapat mempengaruhi kekhusyukan doa. Ketika membaca doa pada sepertiga malam terakhir, biasanya suasana lebih tenang dan sepi, sehingga kita dapat lebih fokus dan khusyuk dalam memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca doa setelah tarawih dan witir pada waktu yang tepat, yaitu pada sepertiga malam terakhir. Dengan membaca doa pada waktu yang tepat dan dengan penuh kekhusyukan, insya Allah doa kita akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Tempat

Tempat merupakan aspek yang penting dalam doa setelah tarawih dan witir. Doa ini dianjurkan untuk dibaca di tempat yang bersih, tenang, dan jauh dari keramaian. Tempat yang bersih akan membuat kita lebih fokus dan khusyuk dalam memanjatkan doa kepada Allah SWT. Selain itu, tempat yang tenang akan membuat doa kita lebih mudah dikabulkan karena tidak terganggu oleh suara-suara bising.

Dalam praktiknya, doa setelah tarawih dan witir dapat dibaca di berbagai tempat, seperti di masjid, di rumah, atau di tempat lainnya yang memenuhi syarat di atas. Namun, yang paling utama adalah memilih tempat yang membuat kita merasa nyaman dan dapat khusyuk dalam berdoa.

Dengan memahami hubungan antara tempat dan doa setelah tarawih dan witir, kita dapat memilih tempat yang tepat untuk membaca doa tersebut. Hal ini akan membantu kita untuk lebih fokus dan khusyuk dalam berdoa, sehingga doa kita lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Niat

Niat merupakan aspek yang sangat penting dalam doa setelah tarawih dan witir. Niat merupakan tujuan atau maksud yang melatarbelakangi seseorang dalam melakukan suatu perbuatan, termasuk dalam berdoa. Niat yang benar dan ikhlas akan membuat doa lebih bernilai dan bermakna di sisi Allah SWT.

  • Ikhlas
    Ikhlas berarti melakukan doa hanya karena mengharap ridha Allah SWT, bukan karena tujuan duniawi atau pujian dari manusia.
  • Sesuai Sunnah
    Niat doa setelah tarawih dan witir harus sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, baik dari segi lafal maupun tata caranya.
  • Memohon Ampunan
    Salah satu niat utama dalam doa setelah tarawih dan witir adalah memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.
  • Memohon Rahmat
    Selain memohon ampunan, doa setelah tarawih dan witir juga bertujuan untuk memohon rahmat, keberkahan, dan perlindungan dari Allah SWT.

Dengan memahami dan mengamalkan niat yang benar dalam doa setelah tarawih dan witir, kita dapat meningkatkan kualitas doa kita dan membuatnya lebih bermakna di sisi Allah SWT. Niat yang ikhlas dan sesuai sunnah akan membuat doa kita lebih mudah dikabulkan dan menjadi sarana untuk meraih keridaan Allah SWT.

Keistimewaan

Doa setelah tarawih dan witir memiliki banyak keistimewaan yang membedakannya dari doa-doa lainnya. Keistimewaan-keistimewaan ini menjadi alasan mengapa doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah sholat tarawih dan witir, terutama pada bulan Ramadhan.

Salah satu keistimewaan doa setelah tarawih dan witir adalah dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang artinya, “Tidak ada seorang hamba pun yang memanjatkan doa setelah sholat witir, kecuali Allah akan mengabulkan doanya.” (HR. Ibnu Majah)

Keistimewaan lainnya dari doa setelah tarawih dan witir adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang artinya, “Barangsiapa yang sholat witir, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.” (HR. Ahmad)

Beberapa contoh keistimewaan doa setelah tarawih dan witir yang dapat kita temukan dalam kehidupan nyata adalah:

  • Terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan setelah sholat witir, seperti doa untuk mendapatkan jodoh, rezeki, atau kesehatan.
  • Terhapusnya dosa-dosa kecil yang telah diperbuat, sehingga dapat meringankan beban hati dan membuat kita merasa lebih tenang.
  • Merasakan ketenangan dan kebahagiaan setelah membaca doa setelah tarawih dan witir, karena doa ini dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Dengan memahami keistimewaan-keistimewaan doa setelah tarawih dan witir, kita dapat lebih termotivasi untuk membaca doa ini dengan baik dan benar. Semoga dengan membaca doa setelah tarawih dan witir, kita dapat memperoleh keistimewaan-keistimewaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Sejarah

Sejarah doa setelah tarawih dan witir memiliki kaitan yang erat dengan perkembangan ibadah tarawih dan witir itu sendiri. Doa ini telah diamalkan oleh umat Islam sejak zaman Rasulullah SAW dan terus diwariskan hingga saat ini.

  • Asal-usul
    Doa setelah tarawih dan witir berasal dari ajaran Rasulullah SAW yang dicontohkan kepada para sahabatnya. Doa ini dibaca setelah sholat tarawih dan witir untuk memohon ampunan, rahmat, dan perlindungan dari Allah SWT.
  • Perkembangan
    Seiring berjalannya waktu, doa setelah tarawih dan witir mengalami perkembangan dan variasi dalam bacaannya. Namun, esensi dan tujuan dari doa ini tetap sama, yaitu untuk memohon kepada Allah SWT.
  • Tradisi
    Membaca doa setelah tarawih dan witir telah menjadi tradisi yang mengakar dalam masyarakat Islam, terutama pada bulan Ramadhan. Doa ini dibaca secara berjamaah di masjid-masjid atau secara individu di rumah-rumah.
  • Makna
    Doa setelah tarawih dan witir memiliki makna yang sangat dalam dan mendidik. Doa ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur, memohon ampunan, dan berharap yang terbaik dari Allah SWT.

Dengan memahami sejarah doa setelah tarawih dan witir, kita dapat lebih menghayati dan mengamalkan doa ini dengan penuh kesadaran. Sejarah ini menjadi bukti bahwa doa setelah tarawih dan witir merupakan warisan berharga dari Rasulullah SAW yang terus dilestarikan hingga saat ini.

Dalil

Dalil merupakan dasar atau bukti yang menunjukkan kebenaran suatu pernyataan atau hukum. Dalam konteks doa setelah tarawih dan witir, dalil sangat penting untuk mengetahui keutamaan, tata cara, dan waktu yang tepat untuk membaca doa tersebut.

  • Dalil dari Al-Qur’an
    Terdapat beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menjadi dalil tentang doa setelah tarawih dan witir, di antaranya:

    • Dalam surat Al-Isra’ ayat 79, Allah SWT berfirman, “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” Ayat ini menunjukkan bahwa setelah sholat tarawih yang merupakan bagian dari sholat tahajud dianjurkan untuk membaca doa.
  • Dalil dari Hadis
    Beberapa hadis juga menjadi dalil tentang doa setelah tarawih dan witir, di antaranya:

    • Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada seorang hamba pun yang memanjatkan doa setelah sholat witir, kecuali Allah SWT akan mengabulkan doanya.” Hadis ini menunjukkan bahwa doa setelah sholat witir sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan yang besar.
  • Dalil dari Ijma’
    Para ulama telah bersepakat (ijma’) bahwa membaca doa setelah tarawih dan witir merupakan amalan yang dianjurkan. Hal ini menunjukkan bahwa doa setelah tarawih dan witir memiliki dasar yang kuat dalam ajaran Islam.

Dengan mengetahui dalil-dalil tentang doa setelah tarawih dan witir, kita dapat semakin yakin untuk mengamalkan doa tersebut dengan baik dan benar. Dalil-dalil ini memberikan dasar dan bukti yang kuat tentang keutamaan, tata cara, dan waktu yang tepat untuk membaca doa setelah tarawih dan witir.

Hikmah

Hikmah dalam doa setelah tarawih dan witir merupakan aspek penting yang memberikan makna dan tujuan mendalam bagi amalan ini.

  • Pengampunan Dosa
    Hikmah doa setelah tarawih dan witir yang utama adalah untuk memohon ampunan dosa. Dengan memanjatkan doa ini, kita mengakui kesalahan dan kelemahan kita, serta memohon rahmat dan ampunan dari Allah SWT.
  • Kedekatan dengan Allah
    Membaca doa setelah tarawih dan witir juga menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui doa, kita mengungkapkan rasa syukur, pengagungan, dan permohonan kita langsung kepada-Nya.
  • Pengingat Akhirat
    Hikmah lainnya dari doa setelah tarawih dan witir adalah sebagai pengingat akan kehidupan akhirat. Doa ini berisi permohonan perlindungan dari azab neraka dan harapan untuk masuk surga, sehingga dapat membantu kita untuk selalu mengingat tujuan akhir hidup kita.
  • Pelajaran Kesabaran
    Membaca doa setelah tarawih dan witir pada sepertiga malam terakhir juga mengajarkan kita tentang kesabaran dan ketekunan. Melalui amalan ini, kita belajar untuk bersabar dalam beribadah dan tetap teguh dalam menghadapi kesulitan.

Hikmah-hikmah dalam doa setelah tarawih dan witir saling berkaitan dan membentuk sebuah kesatuan yang utuh. Dengan memahami hikmah-hikmah ini, kita dapat semakin menghayati dan mengamalkan doa setelah tarawih dan witir dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, sehingga dapat memperoleh manfaat dan keberkahan yang terkandung di dalamnya.

Pertanyaan Umum tentang Doa Setelah Tarawih dan Witir

Bagian ini berisi beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang doa setelah tarawih dan witir. Pertanyaan-pertanyaan ini disusun untuk membantu pembaca memahami lebih dalam tentang doa ini, keutamaan, tata cara, waktu, dan aspek-aspek penting lainnya.

Pertanyaan 1: Kenapa dianjurkan membaca doa setelah tarawih dan witir?

Doa setelah tarawih dan witir dianjurkan karena merupakan bagian dari sunnah Rasulullah SAW dan memiliki banyak keutamaan, seperti diampuni dosa-dosa, dikabulkan doa-doa, dan dilindungi dari mara bahaya.

Pertanyaan 2: Bagaimana tata cara membaca doa setelah tarawih dan witir?

Tata cara membaca doa setelah tarawih dan witir adalah sebagai berikut: duduk dengan tenang, angkat kedua tangan dan baca doa dengan suara yang jelas, setelah selesai membaca doa usapkan kedua tangan ke wajah.

Pertanyaan 3: Kapan waktu yang tepat membaca doa setelah tarawih dan witir?

Waktu yang tepat membaca doa setelah tarawih dan witir adalah setelah selesai sholat tarawih atau witir, dianjurkan pada sepertiga malam terakhir.

Pertanyaan 4: Apakah boleh membaca doa setelah tarawih dan witir dengan bahasa selain Arab?

Boleh saja membaca doa setelah tarawih dan witir dengan bahasa selain Arab, namun dianjurkan untuk membaca doa sesuai dengan bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab.

Pertanyaan 5: Apakah doa setelah tarawih dan witir berbeda dengan doa setelah sholat witir biasa?

Pada dasarnya doa setelah tarawih dan witir tidak berbeda dengan doa setelah sholat witir biasa, namun ada beberapa tambahan doa yang khusus dibaca setelah sholat tarawih.

Pertanyaan 6: Apakah ada keutamaan khusus membaca doa setelah tarawih dan witir pada bulan Ramadhan?

Ya, ada keutamaan khusus membaca doa setelah tarawih dan witir pada bulan Ramadhan, karena pada bulan Ramadhan pahala ibadah dilipatgandakan, termasuk membaca doa setelah tarawih dan witir.

Pertanyaan-pertanyaan umum ini memberikan pemahaman dasar tentang doa setelah tarawih dan witir. Untuk pembahasan yang lebih mendalam, silakan lanjutkan membaca bagian selanjutnya.

Lanjut ke bagian berikutnya: Keutamaan Doa Setelah Tarawih dan Witir

Tips Membaca Doa Setelah Tarawih dan Witir

Membaca doa setelah tarawih dan witir merupakan amalan yang sangat dianjurkan, apalagi pada bulan Ramadhan. Agar doa yang kita panjatkan dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan, di antaranya:

Tip 1: Baca dengan Khusyuk dan Penuh Perenungan
Saat membaca doa setelah tarawih dan witir, usahakan untuk membaca dengan khusyuk dan penuh perenungan. Resapi setiap kalimat doa yang kita baca, sehingga doa tersebut tidak hanya sekedar diucapkan, tetapi juga dirasakan oleh hati kita.

Tip 2: Pahami Makna Doa
Sebelum membaca doa setelah tarawih dan witir, luangkan waktu untuk memahami makna dari doa tersebut. Dengan memahami makna doa, kita dapat lebih menghayati dan mengamalkan doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Tip 3: Baca Berulang Kali
Untuk memperkuat doa yang kita panjatkan, dianjurkan untuk membaca doa setelah tarawih dan witir berulang kali. Semakin sering kita membaca doa tersebut, semakin besar kemungkinan doa kita untuk dikabulkan.

Tip 4: Angkat Kedua Tangan
Saat membaca doa setelah tarawih dan witir, disunnahkan untuk mengangkat kedua tangan. Mengangkat kedua tangan merupakan simbol pengagungan kita kepada Allah SWT dan bentuk kerendahan hati kita di hadapan-Nya.

Tip 5: Usapkan Kedua Tangan ke Wajah
Setelah selesai membaca doa setelah tarawih dan witir, usapkan kedua tangan ke wajah kita. Hal ini bertujuan untuk mengambil berkah dari doa yang telah kita panjatkan.

Tip 6: Baca Doa dengan Suara yang Jelas
Dianjurkan untuk membaca doa setelah tarawih dan witir dengan suara yang jelas dan lantang. Membaca doa dengan suara yang jelas dapat membantu kita untuk lebih fokus dan khusyuk dalam berdoa.

Tip 7: Berdoa di Waktu yang Tepat
Waktu yang tepat untuk membaca doa setelah tarawih dan witir adalah setelah selesai sholat tarawih atau witir, yaitu pada sepertiga malam terakhir. Waktu ini dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut lebih besar kemungkinannya untuk dikabulkan.

Tip 8: Berdoa dengan Ikhlas
Yang terpenting dalam membaca doa setelah tarawih dan witir adalah melakukannya dengan ikhlas karena Allah SWT. Jangan mengharapkan imbalan atau pujian dari manusia, karena yang kita tuju adalah ridha Allah SWT.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, insya Allah doa setelah tarawih dan witir yang kita panjatkan akan lebih berkualitas dan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Membaca doa dengan baik dan benar merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT, karena melalui doa kita menunjukkan ketergantungan dan harapan kita hanya kepada-Nya.

Tips-tips ini akan kita bahas lebih lanjut pada bagian penutup artikel, di mana kita akan membahas pentingnya doa dalam kehidupan seorang muslim dan bagaimana doa dapat menjadi sarana untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Kesimpulan

Doa setelah tarawih dan witir merupakan salah satu amalan penting yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya diampuni dosa-dosa, dikabulkan doa-doa, dan dilindungi dari mara bahaya. Tata cara membaca doa ini juga sangat mudah, yaitu cukup dibacakan setelah selesai sholat tarawih dan witir.

Beberapa poin utama yang dapat kita simpulkan dari artikel ini adalah sebagai berikut:

  • Doa setelah tarawih dan witir merupakan bagian dari sunnah Rasulullah SAW yang memiliki banyak keutamaan.
  • Tata cara membaca doa setelah tarawih dan witir sangat mudah, yaitu cukup dibacakan setelah selesai sholat tarawih dan witir.
  • Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari doa setelah tarawih dan witir, kita dianjurkan untuk membacanya dengan khusyuk, penuh perenungan, dan ikhlas karena Allah SWT.

Dengan memahami keutamaan dan tata cara membaca doa setelah tarawih dan witir, semoga kita dapat mengamalkannya dengan baik dan benar. Semoga doa-doa kita selalu dikabulkan oleh Allah SWT dan kita semua mendapatkan keberkahan dan ridha-Nya.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Artikel Terbaru