Ibadah Umrah Boleh Dilaksanakan Pada

jurnal


Ibadah Umrah Boleh Dilaksanakan Pada

Ibadah umrah adalah ibadah yang dilakukan umat Islam dengan berkunjung ke Mekah dan melaksanakan serangkaian ritual tertentu. Ibadah umrah boleh dilaksanakan pada bulan apa saja, kecuali pada bulan Haji (Dzulhijjah). Contohnya, pada bulan Rajab, seorang Muslim dapat melaksanakan ibadah umrah dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ibadah umrah memiliki banyak manfaat, seperti menghapus dosa-dosa kecil, meningkatkan keimanan, dan mendapat pahala yang besar. Dalam sejarah Islam, ibadah umrah pertama kali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 629 M.

Cari Herbal di Zymuno : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang tata cara pelaksanaan ibadah umrah, keutamaannya, dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Ibadah Umrah Boleh Dilaksanakan Pada

Ibadah umrah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah umrah memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk memahami berbagai aspek terkait dengan ibadah umrah, termasuk waktu pelaksanaannya.

  • Waktu
  • Syarat
  • Rukun
  • Wajib
  • Sunnah
  • Larangan
  • Hikmah
  • Tata Cara
  • Doa
  • Adab

Memahami berbagai aspek terkait dengan ibadah umrah akan membantu umat Islam dalam melaksanakan ibadah umrah dengan benar dan khusyuk. Selain itu, pemahaman yang baik tentang ibadah umrah juga akan meningkatkan kecintaan umat Islam terhadap ajaran agama Islam.

Waktu

Waktu merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah umrah. Ibadah umrah boleh dilaksanakan pada bulan apa saja, kecuali pada bulan Haji (Dzulhijjah). Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Penyebab tidak diperbolehkannya ibadah umrah pada bulan Haji adalah karena pada bulan tersebut umat Islam sedang melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu, minimal sekali seumur hidup. Oleh karena itu, ibadah umrah tidak boleh dilaksanakan pada bulan Haji agar tidak mengganggu pelaksanaan ibadah haji.

Meskipun ibadah umrah boleh dilaksanakan pada bulan apa saja, namun terdapat beberapa bulan yang lebih utama untuk melaksanakan ibadah umrah. Bulan-bulan tersebut adalah bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan. Pada bulan-bulan tersebut, pahala ibadah umrah akan lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Pemahaman tentang waktu pelaksanaan ibadah umrah sangat penting bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Dengan memahami waktu pelaksanaan ibadah umrah, umat Islam dapat merencanakan pelaksanaannya dengan baik dan memilih waktu yang paling utama.

Syarat

Syarat merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah umrah. Syarat adalah ketentuan atau peraturan yang harus dipenuhi oleh seseorang sebelum melaksanakan ibadah umrah. Syarat-syarat tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa ibadah umrah dilaksanakan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan agama Islam.

  • Islam

    Syarat pertama untuk melaksanakan ibadah umrah adalah beragama Islam. Hal ini berdasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 97:

    Artinya: “Dan kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari kewajiban haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya (tidak membutuhkan sesuatu) dari seluruh alam.”

  • Baligh

    Syarat kedua untuk melaksanakan ibadah umrah adalah baligh. Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:


    :

    Artinya: “Pena diangkat dari tiga golongan: dari orang yang tidur sampai ia bangun, dari anak kecil sampai ia baligh, dan dari orang gila sampai ia sembuh.”

  • Berakal

    Syarat ketiga untuk melaksanakan ibadah umrah adalah berakal. Hal ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

    Artinya: “Allah tidak menerima (ibadah) dari orang gila dan dari anak kecil sampai ia baligh.”

  • Mampu

    Syarat keempat untuk melaksanakan ibadah umrah adalah mampu. Kemampuan yang dimaksud meliputi kemampuan secara fisik, finansial, dan keamanan. Hal ini berdasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 97, yang telah disebutkan sebelumnya.

Memahami syarat-syarat melaksanakan ibadah umrah sangat penting bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Dengan memahami syarat-syarat tersebut, umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi semua ketentuan yang diperlukan.

Rukun

Rukun merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah umrah. Rukun adalah perbuatan atau amalan yang wajib dilaksanakan dalam ibadah umrah dan jika ditinggalkan, ibadah umrah tidak sah. Rukun ibadah umrah ada empat, yaitu:

  • Ihram

    Ihram adalah niat untuk melaksanakan ibadah umrah dan memakai pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki adalah dua lembar kain putih yang tidak berjahit, sedangkan untuk perempuan adalah pakaian yang menutup seluruh aurat.

  • Thawaf

    Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan cara berlawanan arah jarum jam. Thawaf dimulai dari Hajar Aswad dan diakhiri di Hajar Aswad.

  • Sa’i

    Sa’i adalah berjalan atau berlari kecil sebanyak tujuh kali antara bukit Safa dan Marwah. Sa’i dimulai dari bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah.

  • Tahallul

    Tahallul adalah memotong rambut atau mencukur sebagian rambut setelah selesai melaksanakan thawaf dan sa’i. Tahallul merupakan tanda bahwa ibadah umrah telah selesai.

Memahami rukun ibadah umrah sangat penting bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Dengan memahami rukun-rukun tersebut, umat Islam dapat melaksanakan ibadah umrah dengan benar dan sah.

Wajib

Wajib merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah umrah. Wajib adalah perbuatan atau amalan yang harus dilaksanakan dalam ibadah umrah, namun jika ditinggalkan tidak menyebabkan ibadah umrah tidak sah. Wajib ibadah umrah ada empat, yaitu:

  • Ihram dari miqat

    Ihram dari miqat wajib dilaksanakan bagi jamaah umrah yang datang dari luar Mekah. Miqat adalah batas wilayah di sekitar Mekah yang telah ditentukan oleh Rasulullah SAW sebagai tempat untuk memulai ihram.

  • Mabit di Muzdalifah

    Mabit di Muzdalifah wajib dilaksanakan pada malam hari Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Mabit di Muzdalifah dilakukan setelah selesai melaksanakan wukuf di Arafah.

  • Melempar jumrah

    Melempar jumrah wajib dilaksanakan pada hari raya Idul Adha, yaitu tanggal 10 Dzulhijjah. Melempar jumrah dilakukan di Mina dengan cara melempar batu ke tiga pilar yang telah ditentukan.

  • Tahallul awal

    Tahallul awal wajib dilaksanakan setelah selesai melempar jumrah pada hari raya Idul Adha. Tahallul awal dilakukan dengan cara memotong atau mencukur sebagian rambut.

Memahami wajib ibadah umrah sangat penting bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Dengan memahami wajib-wajib tersebut, umat Islam dapat melaksanakan ibadah umrah dengan benar dan sempurna.

Sunnah

Sunnah adalah segala sesuatu yang diajarkan dan dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, baik berupa perkataan, perbuatan, maupun ketetapan. Sunnah merupakan pedoman hidup bagi umat Islam setelah Al-Qur’an. Dalam ibadah umrah, terdapat beberapa sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan, meskipun tidak wajib. Sunnah-sunnah tersebut antara lain:

  • Melakukan shalat sunnah ihram sebelum niat ihram.
  • Membaca talbiyah dengan suara yang jelas.
  • Melakukan tawaf qudum setelah sampai di Mekah.
  • Melakukan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim setelah selesai tawaf.
  • Melakukan sai antara Safa dan Marwah dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.
  • Melakukan tahallul dengan mencukur seluruh rambut kepala.
  • Membaca doa dan memperbanyak dzikir selama melaksanakan ibadah umrah.

Meskipun tidak wajib, melaksanakan sunnah-sunnah dalam ibadah umrah sangat dianjurkan. Hal ini karena dengan melaksanakan sunnah, pahala ibadah umrah akan semakin besar. Selain itu, melaksanakan sunnah juga merupakan bentuk kecintaan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Memahami sunnah-sunnah dalam ibadah umrah sangat penting bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah umrah dengan sempurna. Dengan memahami sunnah-sunnah tersebut, umat Islam dapat melaksanakan ibadah umrah sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Larangan

Dalam ibadah umrah, terdapat beberapa larangan yang harus diperhatikan dan dihindari oleh para jamaah. Larangan-larangan ini bertujuan untuk menjaga kesucian dan kekhusyukan ibadah umrah, serta sebagai bentuk penghormatan kepada Baitullah. Larangan-larangan tersebut antara lain:

  1. Menyentuh Ka’bah dengan tangan yang tidak suci.
  2. Berbicara kotor atau berkata-kata buruk di dalam Masjidil Haram.
  3. Membawa senjata tajam atau benda-benda yang dilarang ke dalam Masjidil Haram.
  4. Melakukan perbuatan maksiat atau dosa di dalam Masjidil Haram.
  5. Berburu atau membunuh binatang di dalam (kawasan suci di sekitar Mekah).

Apabila seorang jamaah melanggar larangan-larangan tersebut, maka ia wajib membayar dam atau denda sebagai bentuk penebus dosa. Dam yang harus dibayar berupa menyembelih hewan ternak, seperti kambing atau sapi. Besarnya dam yang harus dibayar tergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan.

Memahami larangan-larangan dalam ibadah umrah sangat penting bagi para jamaah. Dengan memahami larangan-larangan tersebut, para jamaah dapat menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat mengurangi pahala ibadah umrah mereka. Selain itu, dengan mematuhi larangan-larangan tersebut, para jamaah juga menunjukkan sikap menghormati kesucian Baitullah dan ajaran agama Islam.

Hikmah

Hikmah merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah umrah. Hikmah adalah kebijaksanaan atau pelajaran yang dapat diambil dari suatu peristiwa atau pengalaman. Dalam ibadah umrah, terdapat banyak hikmah yang dapat diambil, antara lain:

  • Pembersihan Diri

    Ibadah umrah dapat menjadi sarana untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kecil. Dengan melaksanakan ibadah umrah, seorang Muslim diharapkan dapat kembali suci dan bersih, serta menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Pengingat akan Kematian

    Ibadah umrah juga dapat menjadi pengingat akan kematian. Saat melakukan tawaf di Ka’bah, seorang Muslim akan melihat banyak orang dari berbagai latar belakang dan negara. Hal ini dapat mengingatkan kita bahwa semua manusia pada akhirnya akan mati dan menghadap Allah SWT.

  • Penguatan Iman

    Ibadah umrah dapat memperkuat iman seorang Muslim. Dengan melihat langsung Ka’bah dan Masjidil Haram, seorang Muslim akan merasakan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Hal ini dapat memperkuat keyakinan dan ketaatan seorang Muslim kepada Allah SWT.

  • Persatuan Umat Islam

    Ibadah umrah juga dapat menjadi sarana untuk mempererat persatuan umat Islam. Saat melaksanakan ibadah umrah, seorang Muslim akan bertemu dengan banyak umat Islam dari berbagai negara. Hal ini dapat mempererat tali persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah.

Dengan memahami hikmah-hikmah ibadah umrah, seorang Muslim dapat melaksanakan ibadah umrah dengan lebih bermakna dan khusyuk. Hikmah-hikmah ini dapat menjadi motivasi dan pengingat bagi seorang Muslim untuk terus meningkatkan kualitas ibadahnya dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Tata Cara

Tata cara merupakan aspek penting dalam ibadah umrah. Tata cara ibadah umrah adalah rangkaian perbuatan atau amalan yang harus dilakukan oleh jamaah umrah sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Memahami tata cara ibadah umrah sangat penting agar ibadah umrah dapat dilaksanakan dengan benar dan sah.

  • Niat Ihram

    Niat ihram adalah melafazkan niat untuk melaksanakan ibadah umrah di miqat. Niat ihram dilakukan dengan mengucapkan kalimat talbiyah.

  • Ihram

    Ihram adalah memakai pakaian ihram dan menghindari larangan-larangan ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki adalah dua lembar kain ihram, sedangkan untuk perempuan adalah pakaian yang menutup seluruh aurat.

  • Thawaf

    Thawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan cara berlawanan arah jarum jam. Thawaf dimulai dari Hajar Aswad dan diakhiri di Hajar Aswad.

  • Sa’i

    Sa’i adalah berjalan atau berlari kecil sebanyak tujuh kali antara bukit Safa dan Marwah. Sa’i dimulai dari bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah.

Memahami tata cara ibadah umrah sangat penting bagi jamaah umrah agar dapat melaksanakan ibadah umrah dengan benar dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Dengan melaksanakan ibadah umrah sesuai dengan tata cara yang benar, jamaah umrah dapat memperoleh pahala yang besar dan ibadah umrah mereka dapat diterima oleh Allah SWT.

Doa

Doa merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah umrah. Doa adalah permohonan atau permintaan kepada Allah SWT. Doa dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, namun terdapat beberapa doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca selama melaksanakan ibadah umrah.

  • Doa Sebelum Ihram
    Doa ini dibaca sebelum jamaah umrah mengenakan pakaian ihram. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar ibadah umrah yang akan dilaksanakan dapat diterima dan diridhai.
  • Doa Saat Thawaf
    Doa ini dibaca saat jamaah umrah sedang melakukan thawaf mengelilingi Ka’bah. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar dosa-dosa diampuni dan dikabulkan segala hajat.
  • Doa Saat Sa’i
    Doa ini dibaca saat jamaah umrah sedang melakukan sa’i berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah umrah.
  • Doa Setelah Tahallul
    Doa ini dibaca setelah jamaah umrah selesai memotong rambut atau mencukur sebagian rambut sebagai tanda berakhirnya ibadah umrah. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar ibadah umrah yang telah dilaksanakan dapat diterima dan diridhai.

Membaca doa-doa tersebut selama melaksanakan ibadah umrah sangat dianjurkan karena dapat menambah kekhusyukan dan pahala dalam beribadah. Selain itu, doa-doa tersebut juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan rasa syukur dan permohonan kepada Allah SWT.

Adab

Adab merupakan salah satu aspek penting dalam ibadah umrah. Adab adalah perilaku atau sikap yang baik dan sesuai dengan ajaran Islam. Dalam ibadah umrah, adab sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kualitas dan penerimaan ibadah umrah di sisi Allah SWT.

Adab dalam ibadah umrah meliputi banyak hal, seperti menjaga kebersihan dan kesopanan, menghormati sesama jamaah, dan menjaga ketenangan dan kekhusyukan selama beribadah. Dengan menjaga adab, jamaah umrah dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk beribadah dan memperoleh pahala yang lebih besar.

Contoh nyata adab dalam ibadah umrah antara lain:

Tidak berdesak-desakan atau menyerobot saat thawaf.Tidak berbicara kotor atau berkata-kata buruk.Menjaga kebersihan Masjidil Haram dan tidak membuang sampah sembarangan.Menghormati sesama jamaah dan tidak mengganggu ibadah mereka.

Dengan memahami dan menerapkan adab dalam ibadah umrah, jamaah umrah dapat melaksanakan ibadah umrah dengan lebih baik dan memperoleh manfaat yang lebih besar. Selain itu, menjaga adab juga merupakan bentuk penghormatan terhadap kesucian Baitullah dan ajaran agama Islam.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar “Ibadah Umrah Boleh Dilaksanakan Pada”

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan terkait dengan “ibadah umrah boleh dilaksanakan pada”:

Pertanyaan 1: Apakah ibadah umrah boleh dilaksanakan pada bulan apa saja?

Jawaban: Ya, ibadah umrah boleh dilaksanakan pada bulan apa saja, kecuali pada bulan Haji (Dzulhijjah).

Pertanyaan 2: Mengapa ibadah umrah tidak boleh dilaksanakan pada bulan Haji?

Jawaban: Karena pada bulan Haji, umat Islam sedang melaksanakan ibadah haji, sehingga untuk menghindari gangguan, ibadah umrah tidak boleh dilaksanakan.

Pertanyaan 3: Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan ibadah umrah?

Jawaban: Syarat-syarat untuk melaksanakan ibadah umrah antara lain: beragama Islam, baligh, berakal, dan mampu.

Pertanyaan 4: Apa saja rukun ibadah umrah?

Jawaban: Rukun ibadah umrah meliputi: ihram, thawaf, sai, dan tahallul.

Pertanyaan 5: Apa saja sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan dalam ibadah umrah?

Jawaban: Sunnah-sunnah yang dianjurkan dalam ibadah umrah antara lain: melakukan shalat sunnah ihram, membaca talbiyah, melakukan tawaf qudum, dan memperbanyak dzikir.

Pertanyaan 6: Apa saja yang dilarang dalam ibadah umrah?

Jawaban: Larangan dalam ibadah umrah antara lain: menyentuh Ka’bah dengan tangan yang tidak suci, berkata-kata kotor di dalam Masjidil Haram, membawa senjata tajam, dan berburu di dalam (kawasan suci di sekitar Mekah).

Dengan memahami berbagai aspek terkait dengan “ibadah umrah boleh dilaksanakan pada”, umat Islam dapat mempersiapkan dan melaksanakan ibadah umrah dengan baik dan benar. Selanjutnya, kita akan membahas tentang tata cara pelaksanaan ibadah umrah secara lebih detail.

Baca Juga: Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Umrah

Tips Melaksanakan Ibadah Umrah

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu jamaah umrah dalam melaksanakan ibadah umrah dengan baik dan khusyuk:

Tip 1: Persiapkan Fisik dan Mental
Sebelum berangkat umrah, persiapkan fisik dan mental dengan baik. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup, dan latih fisik untuk menghadapi perjalanan yang cukup melelahkan.

Tip 2: Pelajari Manasik Umrah
Pelajari manasik umrah dengan baik dan benar sebelum berangkat. Pahami rukun, wajib, sunnah, dan larangan umrah agar dapat melaksanakan ibadah dengan sah dan sempurna.

Tip 3: Jaga Adab dan Etika
Selama melaksanakan ibadah umrah, jaga adab dan etika. Hormati sesama jamaah, hindari berdesak-desakan, dan selalu menjaga kebersihan dan kesopanan.

Tip 4: Perbanyak Doa dan Dzikir
Perbanyak doa dan dzikir selama melaksanakan ibadah umrah. Mintalah kepada Allah SWT agar ibadah umrah dapat diterima, dosa-dosa diampuni, dan segala hajat dikabulkan.

Tip 5: Manfaatkan Waktu dengan Baik
Manfaatkan waktu selama di Tanah Suci dengan baik. Selain melaksanakan ibadah umrah, sempatkan juga untuk melakukan ibadah tambahan seperti shalat sunnah, membaca Al-Qur’an, dan berziarah ke tempat-tempat bersejarah.

Tip 6: Sabar dan Ikhlas
Selama melaksanakan ibadah umrah, akan ada banyak tantangan dan cobaan. Hadapi semua dengan sabar dan ikhlas. Yakinlah bahwa setiap kesulitan akan menjadi pahala yang besar.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, jamaah umrah dapat melaksanakan ibadah umrah dengan lebih baik dan memperoleh pahala yang lebih besar. Ibadah umrah yang dilaksanakan dengan benar dan khusyuk akan menjadi pengalaman spiritual yang sangat berharga dan tidak terlupakan.

Tips-tips tersebut erat kaitannya dengan tata cara pelaksanaan ibadah umrah yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan memahami dan menerapkan tips-tips ini, jamaah umrah dapat melaksanakan ibadah umrah sesuai dengan tuntunan syariat Islam dan memperoleh manfaat yang maksimal.

Kesimpulan

Ibadah umrah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah umrah boleh dilaksanakan pada bulan apa saja, kecuali pada bulan Haji (Dzulhijjah). Terdapat beberapa syarat, rukun, wajib, sunnah, dan larangan yang harus diperhatikan dalam melaksanakan ibadah umrah agar ibadah tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT.

Beberapa poin penting yang saling berkaitan dalam ibadah umrah adalah:
– Ibadah umrah memiliki banyak manfaat dan keutamaan, seperti menghapus dosa-dosa kecil, meningkatkan keimanan, dan mendapat pahala yang besar.
– Ibadah umrah mengajarkan tentang kesabaran, keikhlasan, dan persaudaraan sesama umat Islam.
– Dengan melaksanakan ibadah umrah sesuai dengan tuntunan syariat Islam, jamaah umrah dapat memperoleh pengalaman spiritual yang sangat berharga dan tidak terlupakan.

Ibadah umrah merupakan perjalanan spiritual yang sangat penting bagi umat Islam. Melalui ibadah umrah, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa-dosa, dan meningkatkan kualitas keimanan.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami:

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Artikel Terbaru