Kuliah Umum STAIDA Gresik; Ini Pesan Mantan Wakil Ketua Umum PBNU

Kuliah Umum STAIDA Gresik; Ini Pesan Mantan Wakil Ketua Umum PBNU

Staidagresik.ac.id – Ahad (24/11/2019) Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa (STAIDA) Gresik menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk “Dinamika Pemikiran Keislaman dan Fiqh Kebangsaan di Era Revolusi Industri 4.0”. Yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika dan mahasiswa STAIDA. Hadir memenuhi undangan sebagai narasumber pada kuliah umum kali ini Dr. KH. As’ad Said Ali Wakil Ketua Umum PBNU periode 2010-2015 yang juga pernah menjabat sebagai kepala BIN sejak era keperesidenan KH. Abdur Rahman Wahid sampai era keperesidenan SBY.

Dalam sambutannya, Ketua STAIDA menyampaikan  bahwa kuliah umum merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun ajaran baru untuk men “charge” mahasiswa pada awal kegiatan akademiki. tujuan Kuliah Umum ini mengajak dosen dan mahasiswa agar nanti materi yang didapatkan dari Kuliah Umum ini bisa disebarkan ke tengah-tengah masyarakat salah satunya meneguhkan komitmen kebangsaan yang bersendikan ajaran ahlissunah waljamaah dan meningkatkan pemahaman dinamika pemikiran ke Islaman dalm memperkuat ukhuwah wathaniyah dalam bingkai NKRI.

KH. As’ad menyampaikan materi kuliahnya secara jelas dan terarah. STAIDA harus menyadari bahwa sarjana yang dicetaknya kini adalah guru yang akan mendidik generazi Z, bukan lagi generasi Y atau generasi milenila. Generasi yang dituntut mempunyai empat kemampuan dasar yakni analitik, kreatif, inovatif dan kolaboratif. Kemampuan tersebut harus dipupuk dan dilatih sejak dini sebab keempatnya menyangkut soal karakter. Dan yang terpenting disadari adalah, agama bukanlah penghambat kreativitas; sebaliknya, justru menjadi energy pendorong dimana taqwa adalah unsur dinamik yang mendorong seseorang menjadi individu kreatif dan inovatif” ungkap As’ad di akhir paparannya pada ratusan mahasiswa dan civitas akademika STAIDA yang hadir.

Acara kuliah umum kali ini berjalan kurang lebih selama 2 jam, yang ditutup langsung oleh pemangku Pondok Pesantren Daruttaqwa KH. Ainul Muttaqin, M.Pd.I. yang sebelumnya di isi oleh rangkaian Prosesi Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni STAI Daruttaqwa (IKA-STAIDA) periode 2019-2023 oleh wakil Ketua III Nur Khamim, S.Ag. M.Pd. (adp_10)

Berita Terkait: ikilhojatim.comberitalima.comgresiknews.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *