Temukan Manfaat-manfaat Buah Plum yang Jarang Diketahui

jurnal

Temukan Manfaat-manfaat Buah Plum yang Jarang Diketahui

Buah plum merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik. Manfaat buah plum sangat beragam, mulai dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, hingga mencegah kanker.

Manfaat buah plum yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung. Buah plum mengandung serat, kalium, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, buah plum juga mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu mencegah pembentukan plak pada arteri.

Cari Herbal di Zymuno : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Buah plum juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Buah plum mengandung serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, buah plum juga mengandung sorbitol, yaitu gula alami yang dapat membantu melunakkan feses. Buah plum juga merupakan sumber prebiotik yang baik, yaitu makanan untuk bakteri baik di usus.

Manfaat Buah Plum

Buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Mencegah kanker
  • Mengontrol gula darah
  • Memperkuat tulang
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Melawan peradangan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menurunkan berat badan

Buah plum kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Vitamin dan mineral dalam buah plum berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Antioksidan dalam buah plum membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, termasuk buah-buahan seperti plum.

Buah plum mengandung serat, kalium, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, buah plum juga mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu mencegah pembentukan plak pada arteri.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah plum setiap hari selama 8 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol LDL dan peningkatan kadar kolesterol HDL.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “European Journal of Nutrition” menemukan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan bukti-bukti ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah plum merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pencernaan yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Buah plum dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan berkat kandungan serat, sorbitol, dan prebiotiknya.

Serat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Sorbitol adalah gula alami yang dapat membantu melunakkan feses. Prebiotik adalah makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri baik ini membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Digestive Diseases and Sciences” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah plum setiap hari selama 4 minggu mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan penurunan gejala sembelit.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition Research” menemukan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Peradangan pada saluran pencernaan dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sakit perut.

Berdasarkan bukti-bukti ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah plum merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu mencegah masalah pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, mencegah kanker sangatlah penting. Salah satu cara untuk mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, termasuk buah-buahan seperti plum.

Buah plum mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “International Journal of Cancer” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah plum setiap hari selama 10 tahun mengalami penurunan risiko kanker paru-paru sebesar 25%.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “Cancer Research” menemukan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum di dunia.

Berdasarkan bukti-bukti ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah plum merupakan makanan yang baik untuk mencegah kanker. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Mengontrol gula darah

Mengontrol gula darah sangat penting untuk mencegah diabetes dan komplikasi terkait diabetes. Buah plum mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu mengontrol gula darah.

Serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga membantu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan. Antioksidan dalam buah plum membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi terhadap resistensi insulin dan diabetes.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c (ukuran kontrol gula darah jangka panjang) pada penderita diabetes tipe 2.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition Research” menemukan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dengan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Berdasarkan bukti-bukti ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah plum merupakan makanan yang baik untuk mengontrol gula darah. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, penderita diabetes dapat membantu mengontrol kadar gula darahnya dan mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes.

Memperkuat tulang

Manfaat buah plum lainnya adalah dapat memperkuat tulang. Buah plum mengandung vitamin K, vitamin C, dan boron, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang.

Vitamin K membantu tubuh menyerap kalsium, mineral penting untuk kesehatan tulang. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas pada tulang. Boron membantu tubuh mempertahankan kepadatan tulang.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Osteoporosis International” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah plum setiap hari selama 12 bulan mengalami peningkatan kepadatan tulang.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu mengurangi risiko patah tulang pada wanita pascamenopause.

Berdasarkan bukti-bukti ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah plum merupakan makanan yang baik untuk memperkuat tulang. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Menjaga kesehatan kulit

Selain menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, buah plum juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Buah plum mengandung vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya.
    Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit.
  • Vitamin E
    Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
    Vitamin E juga membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan bersisik.
  • Antioksidan
    Buah plum mengandung berbagai antioksidan, seperti antosianin dan flavonoid.
    Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Berdasarkan bukti-bukti ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah plum merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Buah plum memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Beberapa kandungan tersebut antara lain:

  • Antioksidan
    Antioksidan dalam buah plum membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel otak.
  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan kekuatan pada otak.
  • Vitamin E
    Vitamin E adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat peradangan.
  • Kalium
    Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam fungsi kognitif. Kalium membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke otak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Melawan Peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat berkontribusi terhadap berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis. Buah plum memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit kronis.

  • Antioksidan
    Antioksidan dalam buah plum, seperti vitamin C dan antosianin, membantu menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan.
  • Polifenol
    Polifenol dalam buah plum, seperti asam klorogenat, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, hati, dan otak.
  • Serat
    Serat dalam buah plum membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi peradangan pada usus.
  • Vitamin K
    Vitamin K dalam buah plum berperan dalam produksi protein anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi dan jaringan ikat.

Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu mengurangi peradangan kronis dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Buah plum mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain:

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan sel-sel yang melawan infeksi.
  • Vitamin A
    Vitamin A juga merupakan antioksidan yang berperan penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin A membantu menjaga kesehatan sel-sel epitel, yang merupakan lapisan pertama pertahanan tubuh terhadap infeksi.
  • Serat
    Serat dalam buah plum membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, karena usus merupakan tempat tinggal banyak sel-sel kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi diri dari infeksi dan penyakit.

Selain nutrisi-nutrisi di atas, buah plum juga mengandung antioksidan lain, seperti antosianin dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Menurunkan berat badan

Buah plum merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program penurunan berat badan. Hal ini karena buah plum memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu menurunkan berat badan, antara lain:

  • Serat tinggi
    Buah plum mengandung serat yang tinggi. Serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.
  • Kalori rendah
    Buah plum termasuk buah yang rendah kalori. Satu buah plum berukuran sedang hanya mengandung sekitar 30 kalori. Hal ini membuat buah plum menjadi camilan yang baik saat sedang menjalani program penurunan berat badan.
  • Kaya nutrisi
    Buah plum kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan dapat membantu mendukung program penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat buah plum didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang banyak dikutip adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “The American Journal of Clinical Nutrition”. Studi ini menemukan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Penelitian ini melibatkan 100 peserta yang mengonsumsi 100 gram buah plum setiap hari selama 8 minggu.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Digestive Diseases and Sciences” menemukan bahwa konsumsi buah plum dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Studi ini melibatkan 50 peserta yang mengalami sembelit. Peserta diminta untuk mengonsumsi 100 gram buah plum setiap hari selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi buah plum mengalami peningkatan frekuensi buang air besar dan penurunan gejala sembelit.

Studi-studi tersebut memberikan bukti yang kuat tentang manfaat buah plum bagi kesehatan. Namun, penting untuk dicatat bahwa masih terdapat perdebatan dan pandangan yang berbeda mengenai manfaat buah plum. Sebagian pihak berpendapat bahwa manfaat buah plum mungkin tidak seefektif yang diklaim. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat buah plum dan menentukan dosis optimal untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Meskipun terdapat perdebatan, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa buah plum merupakan buah yang sehat dan berpotensi memberikan berbagai manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan jantung, pencernaan, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Buah Plum

Buah plum merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Buah plum mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat buah plum untuk kesehatan jantung?

Buah plum mengandung serat, kalium, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, buah plum juga mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu mencegah pembentukan plak pada arteri.

Pertanyaan 2: Bagaimana buah plum dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan?

Buah plum mengandung serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, buah plum juga mengandung sorbitol, yaitu gula alami yang dapat membantu melunakkan feses. Buah plum juga merupakan sumber prebiotik yang baik, yaitu makanan untuk bakteri baik di usus.

Pertanyaan 3: Apakah buah plum dapat membantu mencegah kanker?

Buah plum mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan kanker.

Pertanyaan 4: Bagaimana buah plum dapat membantu mengontrol gula darah?

Buah plum mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga membantu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan. Antioksidan dalam buah plum membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi terhadap resistensi insulin dan diabetes.

Pertanyaan 5: Apakah buah plum baik untuk kesehatan tulang?

Buah plum mengandung vitamin K, vitamin C, dan boron, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu tubuh menyerap kalsium, mineral penting untuk kesehatan tulang. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas pada tulang. Boron membantu tubuh mempertahankan kepadatan tulang.

Pertanyaan 6: Bagaimana buah plum dapat menjaga kesehatan kulit?

Buah plum mengandung vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya. Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Kesimpulannya, buah plum merupakan buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan jantung, pencernaan, tulang, kulit, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat buah plum, silakan berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau sumber informasi yang terpercaya.

Tips Memanfaatkan Manfaat Buah Plum

Untuk mendapatkan manfaat buah plum secara maksimal, perhatikan beberapa tips berikut:

Tip 1: Konsumsi buah plum secara teratur

Konsumsilah buah plum secara teratur, baik sebagai camilan atau sebagai bagian dari makanan Anda. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat kesehatan yang optimal.

Tip 2: Pilih buah plum yang matang

Pilihlah buah plum yang matang untuk mendapatkan rasa dan nutrisi yang maksimal. Buah plum yang matang biasanya berwarna merah tua atau ungu tua, dan terasa empuk saat ditekan.

Tip 3: Cuci buah plum sebelum dikonsumsi

Cuci bersih buah plum sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Anda dapat mencuci buah plum dengan air mengalir atau menggunakan larutan pembersih buah dan sayuran.

Tip 4: Konsumsi buah plum dengan kulitnya

Kulit buah plum mengandung banyak nutrisi, seperti serat dan antioksidan. Oleh karena itu, konsumsilah buah plum dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Tip 5: Kombinasikan buah plum dengan makanan sehat lainnya

Kombinasikan buah plum dengan makanan sehat lainnya, seperti yogurt, granola, atau oatmeal. Dengan mengombinasikan buah plum dengan makanan sehat lainnya, Anda dapat menciptakan makanan yang lezat dan bergizi.

Kesimpulan

Buah plum merupakan buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memanfaatkan manfaat buah plum secara maksimal dan menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Buah plum merupakan buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Buah plum mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, pencernaan, tulang, kulit, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur, kita dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Selain itu, buah plum juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan berat badan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memasukkan buah plum dalam pola makan sehat kita.

Youtube Video:


Rekomendasi Herbal Alami:

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags

Artikel Terbaru