Temukan 10 Manfaat Menggunting dan Menempel yang Jarang Diketahui

Sisca Staida


Temukan 10 Manfaat Menggunting dan Menempel yang Jarang Diketahui

Menggunting dan menempel adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, baik bagi perkembangan anak maupun untuk keperluan sehari-hari.

Bagi anak-anak, menggunting dan menempel dapat membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan, serta melatih motorik halus. Selain itu, kegiatan ini juga dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Anak-anak dapat membuat berbagai bentuk dan gambar sesuai dengan keinginan mereka.

Bagi orang dewasa, menggunting dan menempel dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat scrapbook, menghias rumah, atau membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk menyalurkan hobi dan kreativitas. Selain itu, menggunting dan menempel juga dapat membantu meredakan stres dan ketegangan.

manfaat menggunting dan menempel

Menggunting dan menempel merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Berikut adalah 10 aspek penting terkait manfaat menggunting dan menempel:

  • Melatih motorik halus
  • Mengembangkan koordinasi mata dan tangan
  • Merangsang kreativitas dan imajinasi
  • Menyalurkan hobi dan kreativitas
  • Membuat scrapbook
  • Menghias rumah
  • Membuat kerajinan tangan
  • Meredakan stres dan ketegangan
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Mengembangkan rasa percaya diri

Aspek-aspek tersebut menunjukkan bahwa menggunting dan menempel memiliki manfaat yang beragam, mulai dari pengembangan keterampilan motorik dan kognitif hingga sebagai sarana untuk mengekspresikan kreativitas dan menyalurkan hobi. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, menjadikannya aktivitas yang mudah diakses dan bermanfaat bagi semua orang.

Melatih motorik halus

Menggunting dan menempel merupakan kegiatan yang dapat melatih motorik halus, yaitu kemampuan mengendalikan gerakan tangan dan jari-jari dengan tepat dan terkoordinasi.

  • Menggunting
    Menggunting kertas atau bahan lainnya membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang baik, serta kontrol otot jari-jari. Kegiatan ini membantu memperkuat otot-otot kecil di tangan dan meningkatkan kelenturan jari.
  • Menempel
    Menempel kertas atau bahan lainnya pada permukaan membutuhkan koordinasi mata dan tangan, serta kemampuan mengatur tekanan jari. Kegiatan ini membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan mengembangkan koordinasi bilateral, yaitu kemampuan menggunakan kedua tangan secara bersamaan.

Dengan melatih motorik halus melalui kegiatan menggunting dan menempel, individu dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menggambar, dan memainkan alat musik.

Mengembangkan koordinasi mata dan tangan

Koordinasi mata dan tangan adalah kemampuan untuk mengoordinasikan gerakan mata dan tangan secara bersamaan. Kemampuan ini sangat penting untuk berbagai aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menggambar, mengetik, dan berolahraga.

Menggunting dan menempel adalah kegiatan yang sangat baik untuk mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Saat menggunting, kita harus fokus pada garis yang akan dipotong dan mengoordinasikan gerakan tangan kita untuk mengikuti garis tersebut dengan tepat. Saat menempel, kita harus mengoordinasikan gerakan tangan kita untuk meletakkan kertas atau bahan lain pada permukaan dengan rapi dan akurat.

Dengan melatih koordinasi mata dan tangan melalui kegiatan menggunting dan menempel, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Selain itu, koordinasi mata dan tangan yang baik juga penting untuk perkembangan kognitif anak-anak, karena membantu mereka belajar dan memahami dunia di sekitar mereka.

Merangsang kreativitas dan imajinasi

Menggunting dan menempel merupakan kegiatan yang dapat merangsang kreativitas dan imajinasi. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi individu untuk mengekspresikan diri mereka secara bebas dan menciptakan sesuatu yang baru dan unik.

  • Kebebasan berekspresi

    Menggunting dan menempel memungkinkan individu untuk mengekspresikan kreativitas mereka tanpa batas. Mereka dapat memilih warna, bentuk, dan pola yang mereka sukai, dan menggabungkannya dengan cara yang unik untuk menciptakan karya seni yang mencerminkan imajinasi mereka.

  • Mengembangkan imajinasi

    Kegiatan menggunting dan menempel mendorong individu untuk berpikir kreatif dan mengembangkan imajinasi mereka. Mereka dapat menciptakan berbagai macam bentuk, karakter, dan pemandangan, serta menyusunnya menjadi sebuah cerita atau adegan yang unik.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

    Ketika individu menciptakan sesuatu yang baru dan unik melalui kegiatan menggunting dan menempel, mereka akan merasa bangga dan percaya diri. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka secara keseluruhan dan memotivasi mereka untuk terus mengeksplorasi kreativitas mereka.

  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi

    Menggunting dan menempel membutuhkan fokus dan konsentrasi untuk menghasilkan karya yang rapi dan estetis. Kegiatan ini dapat membantu individu mengembangkan kemampuan mereka untuk fokus pada tugas dan meningkatkan konsentrasi mereka.

Dengan merangsang kreativitas dan imajinasi, menggunting dan menempel dapat memberikan berbagai manfaat bagi individu, mulai dari meningkatkan ekspresi diri hingga meningkatkan kepercayaan diri dan fokus.

Menyalurkan hobi dan kreativitas

Menggunting dan menempel merupakan kegiatan yang dapat menjadi sarana untuk menyalurkan hobi dan kreativitas. Bagi individu yang memiliki hobi di bidang seni dan kerajinan, menggunting dan menempel dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan memuaskan.

Kegiatan menggunting dan menempel menawarkan kebebasan berekspresi bagi individu untuk menciptakan karya seni yang unik dan personal. Mereka dapat memilih dan menggabungkan berbagai jenis kertas, kain, atau bahan lainnya sesuai dengan kreativitas mereka. Melalui kegiatan ini, individu dapat mengekspresikan imajinasi dan ide-ide mereka secara visual.

Sebagai contoh, seseorang yang memiliki hobi membuat scrapbook dapat menggunakan kegiatan menggunting dan menempel untuk menghias halaman-halaman scrapbook mereka dengan foto, potongan kertas berwarna, dan elemen dekoratif lainnya. Individu yang hobi membuat kartu ucapan dapat menggunakan teknik menggunting dan menempel untuk menciptakan desain kartu yang unik dan personal.

Dengan menyalurkan hobi dan kreativitas melalui kegiatan menggunting dan menempel, individu dapat memperoleh berbagai manfaat, seperti mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan rasa percaya diri. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama, seperti melalui komunitas atau kelas seni.

Membuat scrapbook

Membuat scrapbook merupakan salah satu kegiatan yang memanfaatkan teknik menggunting dan menempel secara ekstensif. Scrapbook adalah album yang berisi koleksi potongan kertas, foto, dan memorabilia lainnya, yang disusun dan ditempelkan pada halaman-halaman scrapbook.

Manfaat menggunting dan menempel dalam pembuatan scrapbook sangatlah besar. Pertama, menggunting dan menempel memungkinkan individu untuk mengkreasikan desain scrapbook yang unik dan personal. Mereka dapat memilih dan menggabungkan berbagai jenis kertas, kain, atau bahan lainnya sesuai dengan kreativitas mereka. Kedua, menggunting dan menempel membantu individu untuk mengorganisir dan melestarikan kenangan mereka. Dengan menempelkan foto, potongan kertas berwarna, dan elemen dekoratif lainnya, individu dapat menciptakan sebuah narasi visual yang menceritakan kisah hidup mereka atau peristiwa-peristiwa penting.

Ketiga, membuat scrapbook dapat menjadi kegiatan yang terapeutik. Proses menggunting dan menempel dapat membantu individu untuk mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, membuat scrapbook juga dapat menjadi sarana untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama, seperti melalui komunitas atau kelas seni.

Menghias rumah

Menghias rumah merupakan salah satu kegiatan yang memanfaatkan teknik menggunting dan menempel secara kreatif dan fungsional. Dengan menggunting dan menempel berbagai jenis kertas, kain, atau bahan lainnya, individu dapat menciptakan dekorasi rumah yang unik dan personal.

  • Membuat hiasan dinding

    Menggunting dan menempel dapat digunakan untuk membuat berbagai macam hiasan dinding, seperti kolase foto, lukisan kertas, atau seni dinding origami. Hiasan dinding ini dapat mempercantik ruangan dan memberikan sentuhan personal pada rumah.

  • Menghias perabot

    Teknik menggunting dan menempel dapat digunakan untuk menghias perabot lama atau polos, seperti meja, kursi, atau lemari. Individu dapat menempelkan kertas bermotif, kain, atau potongan kayu untuk memberikan tampilan baru pada perabot mereka.

  • Membuat kap lampu

    Menggunting dan menempel dapat digunakan untuk membuat kap lampu yang unik dan dekoratif. Individu dapat menempelkan kertas berlubang, kain tipis, atau potongan kayu pada rangka kap lampu untuk menciptakan efek cahaya yang menarik.

  • Menghias jendela

    Teknik menggunting dan menempel dapat digunakan untuk menghias jendela, baik dari dalam maupun luar ruangan. Individu dapat menempelkan kertas warna, stiker, atau potongan kain pada kaca jendela untuk menciptakan efek dekoratif dan privasi.

Dengan memanfaatkan kreativitas dan teknik menggunting dan menempel, individu dapat menghias rumah mereka dengan cara yang unik dan personal. Kegiatan ini dapat memberikan kepuasan tersendiri dan menciptakan suasana rumah yang lebih nyaman dan estetis.

Membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan merupakan salah satu kegiatan kreatif yang banyak digemari oleh masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan ini tidak hanya dapat menyalurkan hobi, tetapi juga memiliki banyak manfaat, termasuk memanfaatkan teknik menggunting dan menempel.

  • Mengembangkan keterampilan motorik

    Membuat kerajinan tangan, khususnya yang melibatkan teknik menggunting dan menempel, dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar. Menggunting melatih koordinasi mata dan tangan, serta kekuatan jari. Sementara menempel melatih koordinasi bilateral dan ketepatan gerakan.

  • Meningkatkan kreativitas

    Membuat kerajinan tangan memberikan kesempatan bagi individu untuk mengeksplorasi kreativitas mereka. Teknik menggunting dan menempel memungkinkan individu untuk menggabungkan berbagai bahan, warna, dan bentuk untuk menciptakan karya yang unik dan personal.

  • Melatih kesabaran dan ketekunan

    Membuat kerajinan tangan seringkali membutuhkan waktu dan ketekunan. Proses menggunting, menempel, dan merakit membutuhkan kesabaran dan fokus untuk menghasilkan karya yang rapi dan memuaskan.

  • Menjadi sarana terapi

    Kegiatan membuat kerajinan tangan, termasuk yang melibatkan teknik menggunting dan menempel, dapat menjadi sarana terapi yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. Proses kreatif yang terlibat dalam kegiatan ini dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus.

Membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan teknik menggunting dan menempel tidak hanya dapat menghasilkan karya yang indah dan unik, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi individu, seperti mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan kreativitas, melatih kesabaran dan ketekunan, serta menjadi sarana terapi.

Meredakan stres dan ketegangan

Menggunting dan menempel merupakan salah satu aktivitas yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan stres dan ketegangan. Kegiatan ini melibatkan gerakan berulang dan terfokus pada detail, sehingga dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan.

Ketika kita menggunting atau menempel, perhatian kita terpusat pada tugas yang sedang dilakukan. Hal ini dapat membantu mengalihkan pikiran dari sumber stres dan ketegangan, sehingga memberikan efek menenangkan. Selain itu, aktivitas menggunting dan menempel juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot, terutama pada tangan dan jari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kreatif, seperti menggunting dan menempel, dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin di otak. Hormon-hormon ini memiliki efek menenangkan dan dapat meredakan stres dan kecemasan. Oleh karena itu, menggunting dan menempel dapat menjadi pilihan aktivitas yang efektif untuk mengatasi stres dan ketegangan.

Meningkatkan konsentrasi

Menggunting dan menempel adalah kegiatan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, terutama pada anak-anak. Hal ini karena aktivitas menggunting dan menempel melibatkan fokus dan perhatian yang terarah pada tugas yang sedang dilakukan.

  • Memperkuat fokus visual

    Menggunting dan menempel melatih mata untuk fokus pada garis atau pola tertentu. Hal ini membantu memperkuat fokus visual dan kemampuan untuk berkonsentrasi pada detail.

  • Meningkatkan koordinasi tangan-mata

    Aktivitas menggunting dan menempel melibatkan koordinasi yang baik antara tangan dan mata. Hal ini membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata dan kemampuan untuk memusatkan perhatian pada tugas.

  • Mengurangi gangguan

    Ketika anak-anak menggunting atau menempel, mereka cenderung fokus pada tugas tersebut dan mengabaikan gangguan di sekitar. Hal ini membantu melatih kemampuan mereka untuk tetap berkonsentrasi bahkan di lingkungan yang ramai.

Dengan meningkatkan konsentrasi, menggunting dan menempel dapat membantu anak-anak belajar lebih efektif, meningkatkan kinerja akademik mereka, dan mengembangkan keterampilan hidup yang penting seperti menyelesaikan tugas dan mengelola waktu dengan baik.

Mengembangkan rasa percaya diri

Menggunting dan menempel merupakan kegiatan yang dapat membantu mengembangkan rasa percaya diri, terutama pada anak-anak. Hal ini karena kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri, belajar dari kesalahan, dan mencapai tujuan.

  • Merasa bangga atas hasil karya

    Ketika anak-anak berhasil menggunting atau menempel dengan rapi dan sesuai dengan keinginan mereka, mereka akan merasa bangga atas hasil karya mereka. Rasa bangga ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dan memotivasi mereka untuk terus berkarya.

  • Belajar dari kesalahan

    Menggunting dan menempel juga mengajarkan anak-anak untuk belajar dari kesalahan. Ketika mereka melakukan kesalahan, mereka dapat menganalisis apa yang salah dan mencoba memperbaikinya. Proses ini membantu mereka mengembangkan ketahanan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

  • Meraih tujuan

    Kegiatan menggunting dan menempel sering kali melibatkan penyelesaian sebuah proyek atau tugas. Ketika anak-anak berhasil menyelesaikan proyek mereka, mereka akan merasa senang dan puas atas pencapaian mereka. Rasa pencapaian ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dan memotivasi mereka untuk terus berusaha.

  • Mendapat pengakuan

    Ketika anak-anak menunjukkan hasil karya mereka kepada orang lain, seperti orang tua, guru, atau teman, mereka dapat menerima pujian dan pengakuan. Pengakuan ini dapat sangat meningkatkan rasa percaya diri mereka dan memotivasi mereka untuk terus mengembangkan keterampilan mereka.

Dengan mengembangkan rasa percaya diri, menggunting dan menempel dapat membantu anak-anak menjadi individu yang lebih percaya diri, tangguh, dan berprestasi di masa depan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat menggunting dan menempel telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Oxford menemukan bahwa kegiatan menggunting dan menempel dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, koordinasi mata-tangan, dan kreativitas pada anak-anak usia prasekolah.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa menggunting dan menempel dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan pada orang dewasa. Studi ini menemukan bahwa kegiatan menggunting dan menempel dapat membantu menenangkan pikiran dan mengalihkan perhatian dari sumber stres.

Meskipun terdapat banyak bukti yang mendukung manfaat menggunting dan menempel, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk sepenuhnya memahami dampak jangka panjang dari kegiatan ini. Selain itu, perlu dipertimbangkan bahwa manfaat yang diperoleh dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, kemampuan, dan konteks di mana kegiatan dilakukan.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa menggunting dan menempel dapat memberikan berbagai manfaat kognitif, emosional, dan sosial. Kegiatan ini dapat menjadi alat yang berharga untuk meningkatkan perkembangan anak-anak, mengurangi stres, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Beralih ke FAQ untuk pertanyaan umum tentang manfaat menggunting dan menempel.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Menggunting dan Menempel

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat menggunting dan menempel, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat menggunting dan menempel bagi anak-anak?

Jawaban: Menggunting dan menempel dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus, koordinasi mata-tangan, kreativitas, dan rasa percaya diri.

Pertanyaan 2: Apakah menggunting dan menempel hanya bermanfaat bagi anak-anak?

Jawaban: Tidak, menggunting dan menempel juga dapat bermanfaat bagi orang dewasa. Kegiatan ini dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan menjadi sarana untuk mengekspresikan kreativitas.

Pertanyaan 3: Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat menggunting dan menempel?

Jawaban: Ya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunting dan menempel dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, kreativitas, serta mengurangi stres dan kecemasan.

Pertanyaan 4: Seberapa sering sebaiknya anak-anak melakukan kegiatan menggunting dan menempel?

Jawaban: Tidak ada aturan pasti, namun disarankan agar anak-anak melakukan kegiatan menggunting dan menempel secara teratur, misalnya beberapa kali dalam seminggu.

Pertanyaan 5: Apakah ada jenis kertas atau bahan tertentu yang lebih baik untuk digunakan dalam kegiatan menggunting dan menempel?

Jawaban: Jenis kertas atau bahan dapat bervariasi tergantung pada tujuan kegiatan. Untuk anak-anak, kertas yang lebih tipis dan mudah digunting disarankan. Untuk kegiatan yang lebih kompleks, dapat digunakan kertas yang lebih tebal atau bahan lainnya seperti kain atau kayu.

Pertanyaan 6: Selain manfaat yang disebutkan, adakah manfaat lain dari menggunting dan menempel?

Jawaban: Selain manfaat kognitif, emosional, dan sosial, menggunting dan menempel juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan. Kegiatan ini dapat digunakan sebagai sarana untuk relaksasi, terapi, atau sekadar menghabiskan waktu luang secara kreatif.

Kesimpulan: Menggunting dan menempel adalah kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak dan orang dewasa. Kegiatan ini dapat memberikan berbagai manfaat, mulai dari pengembangan keterampilan motorik dan kognitif hingga pengurangan stres dan peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan.

Beralih ke artikel bagian berikutnya untuk informasi lebih lanjut tentang sejarah menggunting dan menempel.

Tips Penting dalam Menggunting dan Menempel

Menggunting dan menempel adalah kegiatan bermanfaat yang dapat memberikan banyak keuntungan, namun untuk memaksimalkan manfaat tersebut, penting untuk mengikuti beberapa tips penting. Berikut adalah lima tips yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil terbaik dari kegiatan menggunting dan menempel:

Tip 1: Gunakan gunting yang tajam
Gunting yang tajam akan menghasilkan potongan yang rapi dan presisi, sehingga lebih mudah untuk menempelkan potongan dengan baik. Hindari menggunakan gunting yang tumpul atau rusak, karena dapat membuat potongan tidak rata dan sulit untuk ditempelkan.

Tip 2: Pilih lem yang tepat
Jenis lem yang digunakan akan mempengaruhi kekuatan dan daya tahan hasil tempel. Untuk kertas, lem kertas biasa biasanya sudah cukup. Namun, untuk bahan yang lebih berat atau tahan lama, seperti kayu atau logam, diperlukan lem yang lebih kuat seperti lem super atau lem kayu.

Tip 3: Bersihkan permukaan yang akan ditempel
Sebelum menempelkan potongan, pastikan permukaannya bersih dan bebas dari kotoran atau minyak. Hal ini akan membantu lem menempel dengan baik dan menghasilkan ikatan yang kuat.

Tip 4: Tekan potongan dengan kuat
Setelah potongan ditempelkan, tekan dengan kuat dan merata menggunakan jari atau alat pres. Hal ini akan membantu mengeluarkan gelembung udara dan memastikan potongan menempel dengan baik.

Tip 5: Biarkan lem mengering dengan baik
Setelah potongan ditempel, biarkan lem mengering dengan baik sebelum menggunakan atau memindahkan hasil tempel. Waktu pengeringan akan bervariasi tergantung pada jenis lem yang digunakan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada kemasan lem.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan kualitas hasil menggunting dan menempel, sehingga kegiatan ini menjadi lebih bermanfaat dan menyenangkan.

Beralih ke bagian selanjutnya untuk mengetahui sejarah menggunting dan menempel.

Kesimpulan

Menggunting dan menempel merupakan kegiatan yang memiliki beragam manfaat, tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga bagi orang dewasa. Kegiatan ini dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, dan masih banyak lagi.

Dalam artikel ini, kita telah mengeksplorasi berbagai aspek manfaat menggunting dan menempel, mulai dari pengembangan kemampuan kognitif hingga manfaat sosialnya. Kita juga telah melihat bukti ilmiah yang mendukung manfaat tersebut, serta tips-tips penting untuk memaksimalkan hasil kegiatan menggunting dan menempel.

Menggunting dan menempel adalah kegiatan yang sederhana namun sangat bermanfaat. Dengan memasukkan kegiatan ini ke dalam rutinitas kita, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan dan kesejahteraan.

Youtube Video:


Rekomendasi Herbal Alami:

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/7fDAlMOmdE

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/5V8v9BUzXn

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/nyb7OWf3

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Sisca Staida

Kenalin, saya adalah seorang penulis artikel yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi membaca referensi membuat saya selalu ingin berbagi pengalaman dalam bentuk artikel yang saya buat.

Artikel Terbaru