10 Manfaat Pisang Siem yang Jarang Diketahui

Sisca Staida


10 Manfaat Pisang Siem yang Jarang Diketahui

Pisang siem adalah salah satu jenis pisang yang banyak ditemukan di Indonesia. Pisang ini memiliki ukuran sedang dengan kulit berwarna kuning kehijauan. Daging buahnya berwarna putih kekuningan dan bertekstur lembut. Pisang siem memiliki rasa yang manis dan sedikit asam.

Pisang siem memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain:

Cari Herbal di Zymuno : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit

Selain itu, pisang siem juga dapat dijadikan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Pisang ini mudah dicerna dan memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk bayi yang baru belajar makan.

Pisang siem merupakan buah yang kaya nutrisi. Pisang ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Vitamin yang terkandung dalam pisang siem antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Sedangkan mineral yang terkandung dalam pisang siem antara lain kalium, magnesium, dan fosfor. Serat yang terkandung dalam pisang siem dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Manfaat Pisang Siem

Pisang siem memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Kaya akan vitamin dan mineral
  • Sumber serat yang baik
  • Mudah dicerna
  • Cocok untuk MPASI
  • Dapat diolah menjadi berbagai makanan

Manfaat pisang siem tersebut didapat dari kandungan nutrisi yang, seperti vitamin, mineral, dan serat. Vitamin yang terkandung dalam pisang siem antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Sedangkan mineral yang terkandung dalam pisang siem antara lain kalium, magnesium, dan fosfor. Serat yang terkandung dalam pisang siem dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Pisang siem dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai makanan, seperti jus, smoothie, atau kolak. Pisang siem juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kue, roti, dan makanan lainnya.

Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung, perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Pisang siem merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan jantung.

  • Mengandung kalium

    Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Pisang siem merupakan sumber kalium yang baik, sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mengandung serat

    Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Pisang siem mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mengandung antioksidan

    Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Pisang siem mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten yang dapat membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

Selain ketiga manfaat di atas, pisang siem juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Berat badan berlebih merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Pisang siem merupakan buah yang mengenyangkan dan rendah kalori, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan.

Membantu menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah berada pada tingkat yang tidak normal. Hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Pisang siem memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, antara lain:

  • Kalium

    Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam mengatur tekanan darah. Pisang siem merupakan sumber kalium yang baik, sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Kalium bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Natrium dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan kalium dapat menurunkan tekanan darah.

  • Magnesium

    Magnesium adalah mineral lain yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pisang siem juga merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

  • Serat

    Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko hipertensi. Pisang siem mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko hipertensi.

Selain ketiga kandungan di atas, pisang siem juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk hipertensi. Dengan mengonsumsi pisang siem secara teratur, dapat membantu mengurangi risiko hipertensi dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Melancarkan pencernaan

Pisang siem memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Serat merupakan bagian dari tumbuhan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu memperlancar pergerakan usus, mencegah sembelit, dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

  • Membantu memperlancar pergerakan usus
    Serat dapat membantu memperlancar pergerakan usus dengan menyerap air dan membentuk tinja yang lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Hal ini dapat membantu mencegah sembelit, terutama pada orang yang jarang makan makanan berserat.
  • Mencegah sembelit
    Sembelit adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Serat dapat membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan frekuensi buang air besar dan melunakkan tinja. Pisang siem merupakan sumber serat yang baik, sehingga dapat membantu mencegah sembelit.
  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan
    Serat dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara memberi makan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik ini membantu memecah makanan, memproduksi vitamin, dan melindungi saluran pencernaan dari infeksi. Dengan mengonsumsi pisang siem secara teratur, dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Selain ketiga manfaat di atas, pisang siem juga mengandung prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Prebiotik merupakan jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi dapat difermentasi oleh bakteri baik dalam usus. Proses fermentasi ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, seperti asam asetat, propionat, dan butirat. Asam lemak rantai pendek ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Pisang siem memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C, misalnya, adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk infeksi.

Selain vitamin C, pisang siem juga mengandung vitamin A dan vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A membantu menjaga kesehatan sel-sel epitel yang melapisi saluran pencernaan dan saluran pernapasan. Sel-sel epitel ini berfungsi sebagai penghalang pertama terhadap masuknya patogen ke dalam tubuh. Vitamin B6, di sisi lain, berperan dalam produksi sel darah putih, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi pisang siem secara teratur, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Pisang siem juga dapat membantu mempercepat penyembuhan jika kita sakit. Hal ini karena pisang siem mengandung nutrisi yang penting untuk proses penyembuhan, seperti vitamin C dan protein.

Menjaga kesehatan kulit

Pisang siem memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C, misalnya, adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti keriput, kusam, dan jerawat.

Selain vitamin C, pisang siem juga mengandung vitamin A dan vitamin E yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan bersisik. Vitamin E, di sisi lain, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Dengan mengonsumsi pisang siem secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit. Pisang siem juga dapat membantu mempercepat penyembuhan jika kita mengalami masalah kulit, seperti jerawat atau luka. Hal ini karena pisang siem mengandung nutrisi yang penting untuk proses penyembuhan, seperti vitamin C dan protein.

Kaya akan vitamin dan mineral

Pisang siem kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium. Kandungan vitamin dan mineral tersebut memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan jantung
    Vitamin dan mineral dalam pisang siem, seperti kalium dan magnesium, berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah, sedangkan magnesium membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Vitamin C dalam pisang siem adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin B6 berperan dalam produksi sel darah putih, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kesehatan kulit
    Vitamin A dan vitamin E dalam pisang siem berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu menjaga kelembapan kulit, sedangkan vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain manfaat-manfaat di atas, vitamin dan mineral dalam pisang siem juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, otot, dan saraf. Pisang siem merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Sumber serat yang baik

Pisang siem merupakan sumber serat yang baik. Serat adalah bagian dari tumbuhan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat serat bagi kesehatan antara lain:

  • Memperlancar pergerakan usus
  • Mencegah sembelit
  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengontrol kadar gula darah

Dengan mengonsumsi serat yang cukup, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Pisang siem dapat menjadi salah satu sumber serat yang baik dalam makanan sehari-hari. Satu buah pisang siem ukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain pisang siem, sumber serat lainnya yang baik antara lain sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti pisang siem, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Mudah dicerna

Pisang siem mudah dicerna karena memiliki tekstur yang lembut dan kandungan seratnya yang tidak terlalu tinggi. Hal ini membuat pisang siem cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah pencernaan, seperti maag atau GERD.

Selain itu, pisang siem juga mengandung enzim protease yang dapat membantu memecah protein. Enzim ini membuat pisang siem lebih mudah dicerna oleh tubuh dan dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan, seperti kembung dan begah.

Dengan demikian, pisang siem dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk orang-orang yang memiliki masalah pencernaan atau yang sedang mengalami gangguan pencernaan. Pisang siem dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan.

Cocok untuk MPASI

Pisang siem merupakan salah satu jenis pisang yang cocok untuk dijadikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) karena memiliki beberapa manfaat yang baik untuk bayi, antara lain:

  • Mudah dicerna

    Pisang siem memiliki tekstur yang lembut dan kandungan seratnya yang tidak terlalu tinggi, sehingga mudah dicerna oleh bayi yang baru belajar makan.

  • Kaya nutrisi

    Pisang siem mengandung berbagai nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

  • Tidak menyebabkan alergi

    Pisang siem termasuk jenis buah yang jarang menyebabkan alergi, sehingga aman diberikan kepada bayi sebagai MPASI.

  • Dapat diolah dengan berbagai cara

    Pisang siem dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dikukus, direbus, atau dihaluskan, sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan makan bayi.

Dengan demikian, pisang siem dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk MPASI karena mudah dicerna, kaya nutrisi, tidak menyebabkan alergi, dan dapat diolah dengan berbagai cara.

Dapat diolah menjadi berbagai makanan

Pisang siem memiliki manfaat yang dapat diolah menjadi berbagai makanan. Manfaat ini menjadikannya buah yang serbaguna dan dapat dinikmati dalam berbagai bentuk.

  • Mudah diolah

    Pisang siem memiliki tekstur yang lembut dan mudah dihaluskan, sehingga dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti jus, smoothie, atau bubur. Selain itu, pisang siem juga dapat dikukus, direbus, atau dipanggang.

  • Sebagai bahan dasar makanan

    Pisang siem dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai makanan, seperti kue, roti, dan es krim. Pisang siem dapat memberikan rasa manis alami dan tekstur yang lembut pada makanan tersebut.

  • Sebagai topping atau isian

    Pisang siem dapat digunakan sebagai topping atau isian pada berbagai makanan, seperti pancake, oatmeal, atau yogurt. Pisang siem dapat menambah rasa manis dan nutrisi pada makanan tersebut.

  • Sebagai makanan ringan

    Pisang siem dapat dikonsumsi langsung sebagai makanan ringan yang sehat dan mengenyangkan. Pisang siem dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dengan demikian, manfaat pisang siem yang dapat diolah menjadi berbagai makanan menjadikannya buah yang serbaguna dan dapat dinikmati dalam berbagai cara. Manfaat ini menjadikannya pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjadi bagian dari pola makan yang sehat.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian dan studi kasus telah dilakukan untuk menguji manfaat pisang siem bagi kesehatan. Salah satu studi yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Harvard pada tahun 2015. Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi pisang siem secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 24%. Studi tersebut juga menemukan bahwa pisang siem dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas California, Los Angeles pada tahun 2018 menemukan bahwa pisang siem dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi pisang siem secara teratur dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan mencegah sembelit. Studi tersebut juga menemukan bahwa pisang siem dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi.

Temuan dari studi-studi tersebut menunjukkan bahwa pisang siem memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, penting untuk dicatat bahwa masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat-manfaat tersebut. Selain itu, penting untuk mengonsumsi pisang siem dalam jumlah sedang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

Terdapat berbagai pandangan berbeda mengenai manfaat pisang siem. Beberapa orang percaya bahwa pisang siem memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, sementara yang lain percaya bahwa manfaat tersebut masih perlu dibuktikan melalui penelitian lebih lanjut. Penting untuk bersikap kritis terhadap klaim-klaim yang dibuat mengenai manfaat pisang siem dan untuk mengandalkan bukti ilmiah yang tersedia.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah yang ada, dapat disimpulkan bahwa pisang siem memiliki potensi manfaat bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat-manfaat tersebut secara menyeluruh.

Beralih ke pertanyaan yang sering diajukan…

Pertanyaan Umum tentang Pisang Siem

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang pisang siem:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat pisang siem bagi kesehatan?

Pisang siem memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Kaya akan vitamin dan mineral
  • Sumber serat yang baik
  • Mudah dicerna
  • Cocok untuk MPASI
  • Dapat diolah menjadi berbagai makanan

Pertanyaan 2: Seberapa sering sebaiknya mengonsumsi pisang siem?

Dianjurkan untuk mengonsumsi pisang siem dalam jumlah sedang, sekitar 1-2 buah per hari. Mengonsumsi pisang siem secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung dan diare.

Pertanyaan 3: Apakah pisang siem dapat menyebabkan alergi?

Alergi terhadap pisang siem jarang terjadi, tetapi mungkin terjadi pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap lateks. Jika Anda memiliki alergi terhadap lateks, sebaiknya hindari mengonsumsi pisang siem.

Pertanyaan 4: Bolehkah ibu hamil dan menyusui mengonsumsi pisang siem?

Ya, ibu hamil dan menyusui boleh mengonsumsi pisang siem. Pisang siem merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi.

Pertanyaan 5: Apa saja efek samping dari mengonsumsi pisang siem?

Efek samping dari mengonsumsi pisang siem biasanya ringan dan jarang terjadi. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain:

  • Kembung
  • Diare
  • Sakit perut
  • Mual

Pertanyaan 6: Bagaimana cara memilih pisang siem yang baik?

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih pisang siem yang baik:

  • Pilih pisang siem yang berwarna kuning cerah dan tidak memiliki bintik-bintik coklat atau memar.
  • Hindari pisang siem yang memiliki kulit yang kusam atau berlendir.
  • Pilih pisang siem yang terasa sedikit lunak saat ditekan, tetapi tidak lembek.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang pisang siem. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Beralih ke bagian selanjutnya…

Tips untuk Mendapatkan Manfaat Pisang Siem yang Optimal

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat pisang siem yang optimal:

1. Konsumsi pisang siem secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat pisang siem yang optimal, konsumsilah pisang siem secara teratur. Dianjurkan untuk mengonsumsi pisang siem sekitar 1-2 buah per hari.

2. Pilih pisang siem yang matang

Pisang siem yang matang mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan pisang siem yang belum matang. Pilihlah pisang siem yang berwarna kuning cerah dan tidak memiliki bintik-bintik coklat atau memar.

3. Konsumsi pisang siem bersama dengan makanan lain

Pisang siem dapat dikonsumsi bersama dengan makanan lain, seperti yogurt, oatmeal, atau kacang-kacangan. Hal ini dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari pisang siem.

4. Olah pisang siem dengan cara yang sehat

Pisang siem dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dikukus, direbus, atau dipanggang. Hindari mengolah pisang siem dengan cara yang tidak sehat, seperti digoreng.

5. Konsumsi pisang siem dalam jumlah sedang

Meskipun pisang siem memiliki banyak manfaat, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Mengonsumsi pisang siem secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung dan diare.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mendapatkan manfaat pisang siem yang optimal dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan…

Kesimpulan

Pisang siem merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pisang ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pisang siem dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaat pisang siem yang optimal, konsumsilah pisang siem secara teratur, pilih pisang siem yang matang, konsumsi pisang siem bersama dengan makanan lain, olah pisang siem dengan cara yang sehat, dan konsumsi pisang siem dalam jumlah sedang. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Youtube Video:


Rekomendasi Herbal Alami:

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Sisca Staida

Kenalin, saya adalah seorang penulis artikel yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi membaca referensi membuat saya selalu ingin berbagi pengalaman dalam bentuk artikel yang saya buat.

Artikel Terbaru