Kampuse Wong Santri

Prodi PGMI STAIDA Mengangkat Tema Digital dan Pembentukan Karakter Pada Webinarnya


Staida Gresik–Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa (STAIDA) Gresik lagi- lagi gelar webinar Pendidikan melalui aplikasi Zoom dan Live on Youtube STAIDA Gresik Channel, webinar kali ini merupakan salah satu diantara  beberapa webinar yang telah dilaksanakan oleh beberapa Program Studi di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa.

Setelah beberapa hari kemarin Program Studi Ekonomi Syari’ah mengangkat tema Peluang Ekonomi Syariah di Era Digitalisasi sebuah topic yang memang  lagi hangat dan menjadi trending dikalangan para ekononom akademisi maupun praktisi. Kali ini giliraan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah  yang mengangkat tema Digitalisasi Learning dan Pembentukan Karakter Siswa dalam webinarnya. Kegiatan webinar kali ini menghadirkan Akhmad Yahya selaku Kasi Pendma Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gresik sebagai Keynote Speakers dan H. Noor Shodiq Askandar, S.E, MM Ketua LP Ma’arif Jawa Timur sebagai Narasumbernya, dengan dipandu host Syifaul Fauziyah seorang presenter dari TV9, pada Minggu (21/02).

Tema itu sengaja diangkat dalam rangka menghadapi kondisi yang terjadi saat ini. Yang semula proses pembelajaran dilakukan dengan tatap muka antara seorang pendidik dan anak didik menjadi pembelajaran bersifat daring. Tentu saja dengan tetap memperhatikan capaian materi yang sesuai dengan kurikulum yang sudah direncanakan sebelumnya.

Disatu sisi percepatan penggunaan teknologi dan peng-adaptasian harus dilakukan dalam rangka merespon kondisi saat ini yang mau tidak mau kita melaksanakan proses pembelajaran secara daring melalui teknologi tidak secara langsung seperi sebelum-sebelumnya. Sesuai yang dilakukan oleh para salafus shalih terdahulu yang berarti mengharuskan mubasyaroh (bertatap muka) dalam menerima pelajaran serta pembentukan karakter anak didik. Dengan daring kalaupun capaian secara kognitif dapat tercapai akan tetapi apakah berbanding lurus dengan capaian Psikomotorik dan pembentukan karakter seorang siswa, itulah fokus diskusi yang kita angkat pada webinar kali ini dengan harapan para narasumber dapat memberikan sebuah  formulasi dan pengetahuan kepada kita dan peserta yang mengkuti webinar kali ini tutur Syifa’ul Qulub selaku Ketua STAIDA. (Adp)

NewsWebinar

× Butuh bantuan?