Kampuse Wong Santri

STAIDA Gresik Gelar Webinar Online Yang Kesekian Kalinya


Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa (STAIDA) Gresik lag- lagi gelar webinar melalui aplikasi Zoom dan Live on Youtube STAIDA Gresik Channel, tema webinar kali ini tentang “Konsep Penelusuran Sumber Informasi Online Untuk Kebutuhan Akademik” dengan speakers Hary Supriyanto, beliau merupakan pustakawan UIN Sunan Ampel surabaya dengan dipandu host ibu Ismawati dari pustakawan STAIDA, Minggu (25/10).

Acara ini sendiri diikuti oleh mahasiswa, dosen, dan karyawan STAIDA Gresik serta peserta umum lainnya. Acara ini dimulai pukul 08.00 dengan dibuka oleh Ismawati selaku host.

Dalam mengawali webinar ibu Ismawati menyampaikan, bahwa informasi merupakan kemampuan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dan memahami bagaimana menggunakan perpustakaan, mengetahui sumber informasi yang ada, dan merupakan pengetahuan yang biasanya digunakan secara teknis dalam pencarian informasi.

Dalam pemaparannya Hery Supriyanto menjelaskan, tentang pentingnya mengetahui informasi digital di era pandemic.

“Informasi digital menjadi pilihan terbaik di masa pandemi seperti saat ini, dimana kunjungan pemanfaatan sumber informasi sangat tidak mungkin dilakukan dengan kunjungan ke perpustakaan secara langsung. Kita bisa mengunjungi koleksi online seperti repository, e journal, e prosiding, dan lain sebagai sebagai sumber informasi digital’, menurutnya.

Tentu saja dibutuhkan strategi tertentu agar informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan akademik. Karena tidak semua informasi yang ada di internet bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan informasi dalam penyusunan karya intelektual.

“Strategi penelusuran informasi digital untuk keperluan akademik adalam usaha dalam memberikan pengetahuan tentang begitu melimpahnya sumber informasi digital pada media online atau internet yang bisa diakses. Kegiatan ini sekaligus bertujuan memberikan bekal bagaimana cara pemanfaatan informasi yang ada di media online sesuai dengan kaidah ilmiah”, tambahnya.

Rektor STAIDA Syifa’ul Qulub yang juga ikut serta mengikuti webinar ini menyampaikan, STAIDA siap meningkatkan kecakapan digital guna menambah literasi civitas akademik.

“Berkaitan dengan tema literasi, STAIDA bukan hanya akan menyajikan webinar seperti hari ini namun juga melalui workshop dan pelatihan lainnya seperti pengelolaan otomasi perpustakan madrasah, manajemen sitasi menggunakan aplikasi zotero, dan pemanfaatan google translate for academic purpose. STAIDA siap bermitra untuk peningkatan kecakapan digital leterasi”, ungkapnya.

Editor : Elsalim

Sumber: progresnews.id

NewsWebinar

× Butuh bantuan?