Tak hanya meredakan sakit perut, Ketahui 8 Manfaat daun binahong untuk kesehatan

jurnal

Daun binahong

Staida Gresik – Daun binahong adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini mengandung berbagai senyawa alami, seperti flavonoid, saponin, tanin, kumarin, dan steroid, yang memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, antibakteri, dan antinyeri.

Dengan mengonsumsi atau mengoleskan daun binahong, Anda dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti luka bakar, diare, jerawat, katarak, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan
Manfaat daun binahong untuk kesehatan

Daun binahong juga dapat membantu memulihkan stamina, membersihkan paru-paru, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun binahong yang sayang untuk dilewatkan.

1. Meredakan sakit perut

Sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gangguan pencernaan, infeksi, maag, atau stres. Daun binahong dapat membantu meredakan sakit perut dengan cara menetralisir asam lambung, mengurangi peradangan, dan melancarkan pencernaan. Daun binahong juga dapat mengatasi bakteri yang menyebabkan diare atau disentri.

Cara mengolah daun binahong untuk meredakan sakit perut adalah dengan merebus 10-15 lembar daun binahong dalam 3 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan daun binahong dan minum 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu atau gula aren untuk menambah rasa.

2. Meredakan penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru, seperti asma, bronkitis, atau TBC, dapat mengganggu pernapasan dan kualitas hidup Anda. Daun binahong dapat membantu meredakan penyakit paru-paru dengan cara mengeluarkan lendir, mengurangi peradangan, dan memperkuat sistem imun. Daun binahong juga dapat meningkatkan oksigenasi darah dan jaringan tubuh.

Cara mengolah daun binahong untuk meredakan penyakit paru-paru adalah dengan merebus 7-10 lembar daun binahong dalam 2 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan daun binahong dan minum 2 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan jahe atau kunyit untuk menambah khasiat.

3. Membantu penyembuhan luka

Luka, baik yang ringan maupun yang berat, membutuhkan perawatan yang tepat agar tidak terinfeksi dan cepat sembuh. Daun binahong dapat membantu penyembuhan luka dengan cara merangsang pembentukan kolagen, menghentikan pendarahan, dan mencegah infeksi. Daun binahong juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit dan mengurangi bekas luka.

Cara mengolah daun binahong untuk membantu penyembuhan luka adalah dengan menghaluskan 3-5 lembar daun binahong dan mengoleskannya pada luka. Tutup luka dengan kain bersih dan ganti setiap hari. Anda juga bisa meminum air rebusan daun binahong untuk mempercepat proses penyembuhan dari dalam.

4. Bantu kondisi otak

Kondisi otak, seperti stres, depresi, kecemasan, atau demensia, dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kognitif Anda. Daun binahong dapat membantu kondisi otak dengan cara meningkatkan aliran darah ke otak, melindungi sel saraf dari kerusakan, dan meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi. Daun binahong juga dapat menenangkan pikiran dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Cara mengolah daun binahong untuk bantu kondisi otak adalah dengan merebus 5-7 lembar daun binahong dalam 2 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan daun binahong dan minum 1-2 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan ginkgo biloba atau bunga lavender untuk menambah efek relaksasi.

5. Meredakan nyeri menstruasi

Nyeri menstruasi, atau dismenore, adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita saat haid. Nyeri menstruasi bisa disebabkan oleh kontraksi rahim, peradangan, atau gangguan hormon. Daun binahong dapat meredakan nyeri menstruasi dengan cara mengurangi kontraksi rahim, mengatasi peradangan, dan menyeimbangkan hormon. Daun binahong juga dapat mengatasi gejala lain yang menyertai nyeri menstruasi, seperti mual, pusing, atau lemas.

Cara mengolah daun binahong untuk meredakan nyeri menstruasi adalah dengan merebus 10-15 lembar daun binahong dalam 3 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan daun binahong dan minum 2-3 kali sehari selama haid. Anda juga bisa menambahkan jahe atau kayu manis untuk menambah rasa hangat.

6. Perawatan kulit

Kulit adalah organ tubuh yang paling terlihat dan membutuhkan perawatan yang baik agar tetap sehat dan cantik. Daun binahong dapat digunakan untuk perawatan kulit dengan cara membersihkan, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Daun binahong juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, flek hitam, kusam, atau keriput.

Cara mengolah daun binahong untuk perawatan kulit adalah dengan membuat masker daun binahong. Caranya, haluskan 5-7 lembar daun binahong muda dan tambahkan madu atau susu. Oleskan masker daun binahong pada wajah, leher, dan tangan yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

7. Meredakan wasir

Wasir, atau hemoroid, adalah pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum. Wasir bisa disebabkan oleh konstipasi, diare, kehamilan, atau gaya hidup yang tidak sehat. Wasir dapat menimbulkan rasa nyeri, gatal, atau perdarahan saat buang air besar. Daun binahong dapat meredakan wasir dengan cara mengurangi pembengkakan, menghentikan pendarahan, dan mempercepat penyembuhan jaringan yang rusak.

Cara mengolah daun binahong untuk meredakan wasir adalah dengan merebus 15-20 lembar daun binahong dalam 4 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan daun binahong dan gunakan untuk mencuci bagian anus yang terkena wasir. Lakukan 2-3 kali sehari sampai wasir sembuh. Anda juga bisa meminum air rebusan daun binahong untuk mengatasi penyebab wasir dari dalam.

8. Meningkatkan energi dan vitalitas

Energi dan vitalitas adalah hal yang penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Namun, banyak faktor yang bisa menyebabkan energi dan vitalitas menurun, seperti stres, kurang tidur, kurang olahraga, atau pola makan yang tidak sehat. Daun binahong dapat meningkatkan energi dan vitalitas dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh, menambah stamina, dan meningkatkan fungsi seksual. Daun binahong juga dapat mengatasi masalah seksual, seperti impotensi, ejakulasi dini, atau kurang gairah.

Cara mengolah daun binahong untuk meningkatkan energi dan vitalitas adalah dengan merebus 10-15 lembar daun binahong dalam 3 gelas air hingga mendidih. Saring air rebusan daun binahong dan minum 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan pasak bumi atau ginseng untuk menambah khasiat.

Apa saja kandungan nutrisi dalam daun binahong?

Daun binahong adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, daun binahong mengandung berbagai senyawa alami, seperti:

  • Flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, dan antibakteri.
  • Saponin, yang memiliki sifat antikolesterol, antidiabetes, dan antikanker.
  • Tanin, yang memiliki sifat antiseptik, antidiare, dan antijerawat.
  • Steroid, yang memiliki sifat antiinflamasi, antiasma, dan antirematik.
  • Triterpenoid, yang memiliki sifat antinyeri, antialergi, dan antitumor.
  • Asam organik, yang memiliki sifat menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme, dan melancarkan pencernaan.
  • Vitamin A, B, dan C, yang memiliki sifat meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan mata, dan kesehatan kulit.

Daun binahong juga mengandung protein, karoten, L-arabinosa, D-galaktosa, asam aldonat, dan glucan C, yang memiliki manfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh, mencegah anemia, dan meningkatkan imunitas.

Daun binahong dapat dikonsumsi secara langsung, direbus, atau diolah menjadi jus, teh, atau salep. Namun, daun binahong juga memiliki beberapa efek samping, seperti alergi, gangguan pencernaan, dan interaksi dengan obat-obatan tertentu.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun binahong secara rutin.

Baca Juga: 10 Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

jurnal

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Artikel Terbaru