Tentang STAIDA
_

Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik memiliki jati diri sebagai kampus nasional, kampus berbasis pesantren, kampus pancasila, kampus kerakyatan, dan kampus pusat kebudayaan yang merintis menjadi kampus kelas dunia yang Profesional Bermartabat.

Sejarah Kampus
_
Pada Tahun 1932 M, KH Kholil (Suci) membangun pesantren yang dikenal dengan sebutan ” Pesantren K. Kholil ” Suci Manyar Gresik. Disamping mengajarkan Ilmu-ilmu agama, KH. Kholil juga mengajarkan ilmu bela diri dan beliau bergabubg dengan pasukan Hisbullah yang berjasa dalam mengusir penjajah dari bumi Indonesia tercinta. Alumni Pondok Pesantren KH. Kholil ini telah banyak tersebar di daerah Gresik dan sekitarnya. Misalnya daerah Kec. Cerme, Balung panggang, Benjeng, Duduk Sampeyan, Manyar,Kota Gresik, Giri,Lamongan, dan lebih banyak lagi dari desa Suci sendiri. Termasuk KH. Faqih pendiri pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar
Namun setelah KH. Kholil wafat (TH 1961 M). dari putera puteri beliau tidak ada yang meneruskan perjuanganan bidang kepesantrenan, sehingga pada akhirnya hanya tinggal langgar (Musholla) peninggal beliau saja. Maka pada tahun 1987M, salah seorang Cucu dari KH. Kholil bernama KH.M.Munawwar Ibn Adnan Kholil yang sedang dan sudah berkhidmah untuk nyanteri selama 20 tahun di pangkuan KH. Usman Al-Ishaqi, al-maqfurlahu, di pondok pesantren Jatipurwo Sawah Pulo Surabaya, mendapat perintah dari gurunya (KH.Usman beserta para puteranya : KH.Asrori,KH.Arifin,KH.Minan) untuk melanjutkan perjuangan KH. Kholil dengan mendirikan pondok pesantren yang diberi nama Daruttaqwa di desa Suci manyar Gresik. Hal ini dimaksudkan untuk menyelamatkan peninggalam dan meneruskan perjuangan para Kiyai sesepuh pendahulunya. Sebagai “murid” yang selalu berta`dhim dan berkeinginan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, KH. M. Munawwar hanya pasrah menerima dan melaksanakan perintah gurunya tersebut.
S A M B U T A N   K E T U A
Dr. A. Syifa’ul Qulub, M.Ei.
_

Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam Swasta yang terletak di pinggiran kota Gresik yang berbasis pesantren, siap bermitra dengan bapak ibu masyarakat Gresik untuk menjadikan keturunan kita yang tidak ḍi’āfa, keturunan yang unggul secara intelektual, unggul secara mental, serta unggul secara moral, apalagi tuntutan era sekarang.

776Mahasiswa Aktif
2554Lulusan
5Program Studi
75Dosen
Peta Kampus
_
× Butuh bantuan?