UKM MAHASISWA

UKM MAHASISWA

_
UKM SATIDA. Unit Kegiatan Mahasiswa STAI Daruttaqwa Gresik adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. Lembaga ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya seperti senat mahasiswa dan badan eksekutif mahasiswa, baik yang berada di tingkat program studi, jurusan, maupun Sekolah Tinggi. Lembaga ini bersifat otonom, dan bukan sebagai cabang dari badan eksekutif maupun senat mahasiswa.

BEM MAHASISWA

_
Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Sekolah Tinggi.

HMJ PRODI

_
Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah suara dari Mahasiswa Jurusan Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik yang menjadi Wadah Ekspresi, Wadah mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan menyuarakan kepentingannya.

UKM BINA QIRA’AH

_
Kegiatan ekstrakulikuler bina Qira’ah adalah sebuh kegiatan seni membaca Al-Qur’an dengan merdu, indah dan menggetarkan hati. Dari maknanya qira’at berarti bacaan, sedangkan menurut terminologinya Ibnu al-Jazari, Qira’at adalah pengetahuan tentang cara-cara melafalkan kalimat-kalimat Al-Qur’an dan perbedaanya dengan membangsakanya kepada penukilnya. demikianlah program kerja ekstrakulikuler qira’ah kami sampaikan, semoga dapat berjalan dan selalu istiqomah dan bisa mencetak generasi qur’ani suatu masa ke masa.
Kami memberikan wadah ini guna memberikan tempat untuk para teman mahasiswa dengan tujuan sama dan beratasnamakan sama yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa (STAIDA).

UKM AL-BANJARI

_
Kesenian adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan seni itu dijalankan pula daripada estetika. Dalam islam ada kesenian yang biasa di sebut Seni Al-Banjari yang biasanya dinyanyikan dalam Bahasa Arab yang mengandung munajat atau pujian kepada Nabi Muhammad dan para Sahabat. Seni Hadrah bisa juga disebut dengan jenis nyanyian yang berasal dari dzikir dan dinyanyikan dengan iringan sejenis alat brcorak rebana yang dimainkan dengan kompak. Seni Al-Banjari kini telah menjadi bagian budaya bangsa Indonesia, karena mayoritas bangsa Indonesia adalah umat islam yang hingga saat ini masih kuat mempertahakan seni tersebut sebagai aset seni budaya bangsa dan agama.
Bagi masyarakat pesantren, khususnya di Jawa Timur, seni hadrah sudah menjadi bagian dari kegiatan masyarakat santri Pondok Pesantren yang tersebar di pelosok kota hingga desa-desa terpencil. Tanpa terbendung, seni Al-Banjari sudah menjadi trend tersendiri di masyarakat, dan menjadi perekat hubungan (Ukhuwah Islamiyah) antar kelompok masyarakat. Tidak jarang, ratusan hingga ribuan orang berkumpul untuk melantunkan shalawat dan kalimat thoyyibah. Selain itu seni Al-Banjari telah menjadi sarana berdzikir dengan lantunan-lantuan pujian kepada Sang Pencipta alam.
Walaupun demikian, di tengah arus perubahan dan pengaruh budaya barat yang menyerang bangsa timur termasuk (Indonesia), tidak menutup kemungkinan, seni hadrah sebagai salah satu budaya bangsa lambat laun akan ditinggalkan masyarakat. Karena itu, perlu kiranya di lakukan pelestarian oleh seluruh komponan bangsa, khususnya umat Islam.

UKM MAPALA

_
Undang-undang dasar 1945 dan Pancasila merupakan dasar pedoman dari pembentukan organisasi mahsiswa pencipta alam KOMPAS-DT, Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yg bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan mejadi Warga Negara yang Demokratis, dan bertanggungjawab, serta memorandum bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan kantor Mentri Negara Lingkungan Hidup No.0142/1996 daan No.kep:89/MENLH/5/1996 tentang pembinaan pendidikan Lingkungan Hidup dan SK bersama dari Departemen Pendidikan khusus tentang lingkungan alam tingkat Mahasiswa dalam sebuah wadah organisasi mahasiswa pencinta alam sebagai sarana penunjang pengembangan diri mahasiswa dalam pemahaman dan pengenalan lingkungan alam.

UKM TEATER MAGESTA

_
UKM theater Magesta adalah UKM pengembangan seni dan budaya. Teater adalah sebuah seni pertunjukan. Pertunjukan apa aja sih yang ada di teater? apa hanya drama? tentu tidak! ada beberapa pertunjukan dalam teater ada baca puisi, ludruk, ketoprak, musikalisasi puisi, drama musikal, dan masih banyak lagi. Apa sih feedback yang bisa di dapat kalau iku teater? tentu banyak lah, kalian bisa melatih diri biar lebih pede untuk tampil di depan banyak orang, menambah pengalaman tentunya, dan melestarikan kebudayaan indonesia.
Apa kalau masuk teater hanya dilatih untuk jadi aktor atau aktis? ya enggak lah kalian juga dilatih untuk penataan panggung, musik, lighting, make up, dan masih banyak lagi.

UKM FUTSAL

_

UKM Futsal adalah jenis UKM yang bergerak di bidang olahraga terutama bola (futsal) yang menjadi wadah bagi mahasiswa aktif STAIDA untuk mengembangkan bakat non akademik khususnya futsal dan mengajarkan organisasi kepada mahasiswa aktif. Dengan UKM ini pula diharapkan mampu mempererat persatuan dan kesatuan mahasiswa pencinta futsal secara umum, serta diharapkan mampu membentuk Tim yang solid untuk mengikuti setiap kejuaraan Futsal baik wilayah, regional maupun nasional.

× Butuh bantuan?