Kampuse Wong Santri

Jelang PKL dan PPL Puluhan Mahasiswa STAIDA Gresik ikuti Pembekalan


Staidagresik.ac.id – Gresik 11/01/2020 Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik Memberikan Pembekalan kepada mahasiswa-mahasiswinya yang akan melaksanakan PPL dan PKL di sekolah Maupun di beberapa Bank atau lembaga keuangan syari’ah mitra STAIDA.

Secara konseptual, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan program yang diselenggarakan oleh jurusan PAI, PGMI, PIAUD dan Ekonomi Syaria’ah STAI Daruttaqwa (STAIDA) Gresik, PPL sendiri bertujuan membentuk diri mahasiswa untuk setidaknya mengetahui 4 (empat) kompetensi guru sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik Guru. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi Paedagogik, Profesional, Sosial, dan Personal. Hal itu selaras dengan apa yang disampaikan oleh Narasumber yang dihadirkan dalam pembekalan kali ini yaitu bapak Dr. Marjuki, M.Pd yang merupakan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Jawa Timur dan yang juga pernah menjadi dosen pengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik pada materinya.

Sedangkan untuk Program Kerja Lapangan (PKL) penting juga dilaksanakan oleh mahasiswa Ekonomi Syaria’ah guna membentuk kompetensi pada mahasiswa untuk lebih dapat mengenal, mengetahui, dan berlatih menganalisis kondisi lingkungan dunia kerja. Hal ini sebagai upaya Progran Studi mempersiapkan diri mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Dengan Program PKL, diharapkan pimpinan instansi dapat menempatkan praktikan pada unit kerja serta tugas/pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya. Hadir memberikan materi pada pembekalan PKL bapak Dr. Dian Berkah selaku DSN MUI Jatim beserta bapak Rudianto, SE yang juga menjabat sebagai Manager KSPPS MUI Jatim yang secara bergantian selama 2 hari memberikan pembekalan materi serta motivasi kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan PKL di Perbankan dan lembaga keuangan Syari’ah yang tersebar di beberapa wilayah kabupaten Gresik.

Dalam implementasi, PPL dan PKL ini terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan untuk menerapkan berbagai teori kependidikan dan bahan ajar yang berupa latihan-latihan pembelajaran maupun praktek  di sekolah/ perbankan dan tugas-tugas kependidikan atau perbankan maupun lembaga keuangan syari’ah. 

Secara praktis, program PPL dan PKL ini sebagai sarana meenampilkan citra STAIDA Gresik secara utuh kepada masyarakat pengguna, yaitu sosok kinerja calon sarjana PAI, PGMI, PIAUD dan Ekonomi Syaria’ah STAIDA Gresik yang berorientasi pada profesionalitas dengan sejumlah kapasitas yang memiliki kemampuan materi pembelajaran dan keterampilan serta kemampuan cara kerja. (adp_10)

MahasiswaNews

× Butuh bantuan?