Kampuse Wong Santri

Lomba Baca Kitab Kuning Ala Pesantren di Kampus STAIDA Gresik


Momen Hari Santri Nasional (HSN) 2020, Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa (STAIDA) Gresik Bersama Lembaga Baghtsul Masail (LBM) PCNU Gresik, membuat kegiatan Musabaqo Qiroatul Kutub (Lomba membaca kitab kuning) secara virtual di Aula Kampus STAIDA, Desa Suci Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, Kamis (22/10).

Ketua Staida Gresik, Dr. Ahmad Syifaul Qulub S.Ag., M.EI menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya melestarikan metode pengajaran pesantren yang selama ini menjadi kekuatan santri untuk menjaga moralitas dan membentuk mentalitasnya.

Metode pembalajaran klasik ala pesantren melalui model membaca kitab kuning itu memiliki nilai filosofi tersendiri, yakni mampu menciptakan pendidikan karakter bagi peserta didik. Sebab dalam metode itu terdapat pembelajaran cara menghargai orang lain dan menghargai dirinya sendiri.

“Pembalajaran kitab kuning ini bukan hanya kita maknai sebatas pengetahuan dan ketrampilan untuk membaca saja. Tapi kita maknai untuk membentuk ssimotorik skill filosofis skill,“ ujar Gus Afuk sapaan akrab Ahmad Syifaul Qulub.

Gus Afuk menambahkan alasan mengapa kegiatan ini dilaksanakan dengan model media daring, yakni pertama, dalam situasi pandemik Covid-19 juga untuk memperkenalkan ke Masyarakat umum tentang metode ala pesantren.

Sumber: portalsurabaya.pikiran-rakyat.com

Hari SantriNews

× Butuh bantuan?